Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kata Gundik yang Ramai Diperbincangkan di Media Sosial

Istilah gundik kembali mencuat dan ramai diperbincangkan belakangan ini. Hal itu disebabkan adanya kasus yang terjadi di salah satu sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Garuda Indonesia.




I Gusti Ngurah Aksara Danadiputra yang sebelumnya menjabat Direktur Utama (Dirut) kabarnya terbukti terlibat penyelundupan motor gede (moge) Harley Davidson. Kasus itu, seakan-akan membuka tabir lain yang tak terungkap selama ini.

Baru-baru ini, beredar rumor I Gusti juga memiliki hubungan gelap dengan seorang pramugari Garuda Airlines. Warganet yang mengetahui rumor tersebut secara berjemaah menyematkan istilah gundik kepada pramugari itu.

Sebutan gundik sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial. Namun, sebelum sebutan gundik populer dilayangkan kepada simpanan mantan Dirut Garuda, salah pedangdut tanah air, Ayu Ting Ting juga pernah mendapatkan istilah gundik itu, karena Ayu dikabarkan merupakan selingkuhan artis papan atas Raffi Ahmad. Meskipun kabar tersebut tak bisa dibuktikan kebenarannya, tapi netizen pernah menyematkan itu kepada Ayu.

Namun, terlepas dari semua hal di atas, apakah arti atau makna dari gundik itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gundik mempunyai dua pengertian. Pertama, gundik diartikan sebagai istri tidak resmi atau selir. Kedua, gundik diartikan sebagai perempuan piaraan (istri gelap).

Istilah gundik sejatinya turunan kata dari ‘pergundikan’, yang memiliki arti ikatan hubungan di luar perkawinan antara seorang perempuan dan seorang laki-laki dengan alasan tertentu. Praktik ini sendiri cukup populer di era kolonial, dan biasanya terjadi antara tuan tanah dengan perempuan dari kalangan pribumi.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Gundik yang Ramai Diperbincangkan di Media Sosial"