Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tips Beradaptasi dengan Cepat di Lingkungan Kerja Baru

Melakoni pekerjaan baru di kantor yang baru, mungkin akan menjadi momen paling menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, beradaptasi di lingkungan kerja baru ternyata tak begitu sulit. Terlebih, jika mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara memperkenalkan diri di lingkungan kerja baru (source image: pixabay.com)

Akan tetapi, beradaptasi atau menyesuaikan diri di lingkungan yang baru bisa menjadi dilema bagi seseorang. Entah itu, ketidakcocokan lingkungan kerja dengan kepribadian atau hal remeh temeh tetapi begitu sensitif bagi seseorang.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru saja pindah ke kantor baru sudah tentu perlu beradaptasi dengan segala kondisi yang ada di sana. Ada baiknya Anda membaca tips-tips berikut agar tidak kaku saat menempati kantor baru Anda


1. Berinisiatif Memperkenalkan Diri

Sudah selayaknya bagi seseorang yang berada di lingkungan yang baru, untuk memperkenalkan dirinya terlebih dahulu. Laporan The Balance Career mengatakan, hal itu memiliki tujuan dalam hal antusias seseorang dalam melakukan kerja sama sebagai tim, atau bagian lain di dalam kantor yang baru.

Selain itu, dengan memperlihatkan antusiasme kerja Anda, tips ini juga sekaligus memberikan impresi terhadap pribadi Anda yang memberi kesan terbuka dan ramah.

Namun, tak semua orang bisa memperkenalkan diri saat menempati kantor baru. Oleh karena itu, memperkenalkan diri bisa dimulai dari teman kantor yang duduk di sebelah Anda. Kemudian, Anda bisa melanjutkan memperkenalkan diri dengan teman-teman sekantor yang lainnya yang (mungikin) duduknya agak berjauhan.

2. Bertanya tentang Struktur Organisasi Perusahaan

Sebagai pendatang, alangkah baiknya Anda harus mengetahui seluk beluk tentang perusahaan Anda. Mungkin ini bukan menjadi tuntutan yang mutlak sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Akan tetapi, dengan mengetahui struktur organisasi perusahaan, akan membuat Anda lebih antusias berada di lingkungan kerja yang baru.Mulailah bertanya tentang struktur oragnisasi perusahaan dari posisi terbawah hingga paling atas.

Bertanya tentang struktur organisasi perusahaan, sebaiknya ditanyakan kepada pihak Human Resources. Dengan demikian, Human Resources juga bisa menyosialisasikan secara langsung kepada Anda.

Pentingnya menanyakan struktur organisasi perusahaan bisa membantu Anda menyesuaikan bahasa yang Anda gunakan dengan teman sekantor Anda nantinya. Dengan kata lain, semakin tinggi jabatan seseorang di kantor tersebut, Anda tidak akan mungkin mungkin menggunakan bahasa seenaknya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika seorang atasan akan lebih enjoy diajak ngonrol layaknya seorang teman ketimbang dianggap sebagai atasan.


3. Berkenalan Berarti Mengingat Nama Teman Baru Anda

Mengingat nama teman sekantor juga bermanfaat dalam beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Dengan demikian, suasana keakraban saat ngobrol atau kerja secara tim akan membuat suasa lebih terasa cair.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahasa sehari-hari saat mengobrol dengan teman di kantor Anda yang baru.

Memang tak semua orang memiliki daya ingat yang bagus untuk menghafal seluruh nama karyawan yang ada di kantor baru. Seiring berjalannya waktu, Anda akan dengan mudah mengingat nama teman-teman di kantor yang baru. Hal itu bergantung dari jumlah karyawan yang ada di kantor tersebut.

4. Memanfaatkan Grup Chat Kantor 

Sebagian orang mungkin rada canggung atau pemalu untuk berkenalan secara langsung. Nah, solusinya ada di nomor empat ini. Meski berkesan kurang formal, mengirimkan pesan melalui grup chat kantor dapat membantu Anda beradaptasi di lingkungan kantor yang baru.

Anda bisa memperkenalkan diri Anda melalui grup tersebut. Hal ini bisa menjadi solusi. Jika ada yang berhalangan hadir saat Anda melakukan perkenalan di kantor yang baru, melalui grup ini, setidaknya orang yang berhalangan hadir tadi dapat membaca pesan yang Anda kirimkan melalui grup chat kantor.


5. Ajak Teman Anda Makan Bersama

Menjalin keakraban dan beradaptasi di kantor yang baru juga bisa dengan cara mengajak makan teman sekantor Anda saat istirahat. Anda bisa membuka percakapan dengan melempar wacana terkait pekerjaan yang Anda lakoni saat ini.

Dengan begitu, mungkin suasana yang terbangun akan lebih cair. Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu istirahat dengan meminum kopi, Anda juga bisa membawa rekan sekantor Anda di kedai favorit yang murah meriah dan tidak terlalu menguras isi dompet Anda.

Itu tadi lima cara mudah beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Jadi, bagi Anda yang masih canggung beradaptasi di kantor yang baru, tips ini mungkin bisa Anda terapkan.

Posting Komentar untuk "5 Tips Beradaptasi dengan Cepat di Lingkungan Kerja Baru"