Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

11 Trik Memaksimalkan Hasil Pencarian di Google

Google search atau pencarian google merupakan mesin pencari website yang dimiliki oleh Google. Tak heran, setiap harinya jutaan orang melakukan pencarian melalui google dengan beragam alasan. Mulai dari mencari hal remeh-temeh hingga hal penting, orang-orang akan menggunakan google search untuk mencari data yang mereka inginkan.

11 Trik Maksimalkan Hasil Penelusuran saat Melakukan Pencarain di Google

Namun, agaknya tidak setiap orang menggunakan layanan pencarian google dengan efektif dan efisien. Akhirnya, hasil pencarian yang diinginkan terkadang tidak sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, agar searching (penelusuran) dengan google lebih cepat dan maksimal, berikut 11 cara praktis pencarian atau penelusuran google untuk meningkatkan pencarianmu saat berselancar mencari data melalui google search.

1. Menggunkan Tanda Kutip ("....") saat Melakukan Penelusuran

Ada pun fungsi dari tanda kutip, supaya kalimat yang muncul di mesin pencari google sesuai dengan urutan kata-kata pada saat kita mengetik di mesin penelusuran google. Sebagai contoh, jika Anda mengetik "Ilmu ekonomi menurut Radhar Panca Dahana", maka yang akan muncul atau keluar hanya kalimat yang Anda ketikan yang berisi kalimat yang sama.

2. Menggunakan Tanda Hubung (-) Guna Mengecualikan Kata

Tips menggunakan tanda hubung dalam melakukan penelusuran sangat berguna jika Anda tidak ingin mencari tentang satu hal, dan dalam penelusuran itu kita ingin mengecualikan suatu kata. Sebagai contoh, Anda ingin mencari burung Phoenix, ternyata Phoenix merupakan salah satu kota di Arizona. Nah, agar pencarian lebih menyasar pada kata "Phoenix", Anda bisa mengetikkan di pencarian google seperti ini: Phoenix -Arizona.
Dengan begitu, maka kata "Arizona" tidak akan muncul di hasil pencarian google.

3. Menggunkan Titik Dua (:) untuk Mencari di Situs atau Website Tertentu

Menggunakan titik dua dalam pencarian di google juga memiliki manfaat yang baik. Fungsi dari titik dua itu sendiri adalah menyasar atau mencari kata atau kalimat di website tertentu. Jika kamu ingin mencari tentang selebritas tanah air Nikita Mirzani hanya di Wikipedia, Anda tinggal mengetik di google search: Nikita Mirzani site:wikipedia.org.

Fungsi titik dua dalam pencarian di google juga berfungsi mengecek jumlah artikel sebuah situs atau website. Contoh: site:namablog.com, maka yang muncul di mesin penelusuran google adalah situs yang Anda ketikan tadi, dan Anda bisa mengetahui jumlah artikel yang telah diindeks oleh google di situs tersebut.

4. Menggunakan Tanda Bintang (*) untuk Mencari Kalimat dengan Beberapa Kata yang Hilang

Sewaktu Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, tak sengaja Anda mendengar lagu yang sangat mengena di hati. Lalu, Anda berusaha mencari tahu lagu itu lewat google dengan sayup-sayup ingatan lantaran lagu yang di dengar tadi tidak begitu jelas. Hal ini tentu pernah kita alami, bukan?

Nah, dengan menggunakan tanda bintang saat melakukan pencarian, Anda tinggal mengetikan kata-kata atau lirik lagu tadi seingat Anda saja dengan membubuhi tanda bintang di google. Contoh: Hear the "drum pounding" time. Maka, hasil pencarian yang akan muncul adalah Hear the drum pounding out of time

5. Mencari Beberapa Topik Pencarian Sekaligus dengan Menggunakan "OR"

Google search merupakan mesin pencari Google yang tergolong fleksibel. Dalam melakukan pencarian di Google, Anda bisa mencari beberapa topik pencarian sekaligus dengan menggunakan "OR". Sebagai contoh: Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja" OR "Cara mempersiapkan wawancara kerja".

Hasilnya, Anda akan mendapatkan kedua kalimat tersebut sesuai dengan yang telah Anda ketikan tadi di mesin telusur google. Atau Anda juga bisa melakukan pencarian dengan mengetik, Garam OR Garam Inggirs. Hasilnya pun serupa dengan yang telah Anda ketikan tadi.

6. Mencari Range Angka

Trik ini barangkali tidak semua orang menggunkannya. Padahal trik ini cukup berguna ketika Anda mencari sesuatu di google. Sebagai contoh, Anda ingin mengetahui "pemenang piala dunia 2006", Google tahu Anda mencari kisaran angka yang spesifik. Maka hasil yang akan muncul adalah pemenang piala dunia 2006 dan tidak akan muncul pemenang piala dunia sesudah atau sebelum tahun 2006.

7. Mencari Hal-hal Sederhana

Mesin pencari google bisa mencarikan banyak hal untuk Anda. Mulai dari yang remeh hingga yang penting. Cotohnya, Anda bisa mengetik "tempat KFC terdekat", maka Google dengan sigap akan mengambil lokasi Anda dan memberikan beragam hasil tempat KFC terdekat di sekitar wilayah Anda.

8. Mencari Situs atau Website yang Mirip

Google search juga dapat digunakan untuk mengetahui situs atau website yang mirip. Coba ketik "related" di awal / di depan nama situs yang Anda cari. Contoh: related: jempana.com


9. Menggunakan Kata Kunci saat Melakukan Pencarian di Google

Sebaiknya, saat Anda melakukan pencarian di Google tidak menggunakan kalimat yang terlalu ribet layaknya orang sedang berdiskusi. Gunakan keyword atau kata-kata paling penting dalam pencarian, guna memunculkan hasil pencarian di mesin pencari. Contoh: tempat KFC terdekat

10. Ejaan Tidak Terlalu Penting saat Menggunakan Google Search

Nah, semua orang tentu pernah mengalami hal ini, bukan? Maksudnya, saat Anda mengetik kata di google dengan ejaan yang salah, mesin pencari google cukup cerdas dalam mengasumsikan makna dari kalimat yang kita ketik. Trik ini berguna saat kita menelusuri dalam bahasa asing, yang barangkali kita lupa dengan ejaan itu.

11. Konversikan Apa Pun dengan Mudah Lewat Google Search

Mesin pencari google dapat secepat kilat mengonversi dua unit pengukuran dan nilai mata uang. Berikut caranya

Ketik di google search 10.000 WON to IDR, maka Anda akan langsung mengetahui berapa rupiah 10.000 won itu.

Trik ini juga berlaku untuk berbagai macam konversi unit seperti mil ke kilometer, dan lain-lain.

Sekarang sudah tahu trik maksimalkan pencarian di google, bukan? Semua tugas bisa dipermudah dengan bantuan google jika Anda mengikuti sebelas trik sederhana ini.

Posting Komentar untuk "11 Trik Memaksimalkan Hasil Pencarian di Google "