Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sunnah Mengibaskan Ranjang Sebelum Tidur Beserta Doanya

Salah satu sunnah dari  Rasulullah Shallallahi ‘alaihi wa Sallam adalah mengibaskan ranjang atau kasur sebelum dipakai untuk tidur.

Sunnah Mengibaskan Ranjang Sebelum Tidur Beserta Doanya
Ilustrasi mengibaskan ranjang sebelum tidur (source image: istimewa)
Tujuan mengibaskan ranjang itu sebagai sarana membersihkan sesuatu yang mungkin ada di atas kasur selama ditinggal atau tidak terpakai selama melakukan rutinitas di luar rumah.

Sebab, boleh jadi, selama kasur atau ranjang kita tinggal, tanpa sepengetahuan ada semut, kalajengking di atas ranjang tempat tidur kita. Keberadaan hewan tadi bisa membahayakan kita yang akan tidur di atas ranjang itu.

Oleh karena itu, Abu Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah Shallallahi ‘alaihi wa Sallam bersabda:

"Jika seseorang kalian menuju ranjangnya maka hendaklah dia mengibas ranjang dengan sarungnya, karena dia tidak tahu apa yang ada di atasnya, lalu berucap: 

Bismika Rabbi wadha’tu janbi wa bika arfa’uhu, in amsakta nafsi farhamha wa in arsaltaha fahfadzha bima tahfadza ibadaka ash-shalihin"

Artinya:

"Dengan nama-Mu Rabb aku meletakkan badanku dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, Jika Engkau menahan jiwaku, maka rahmatilah dan jika Engkau melepaskannya maka jagalah dengan cara Engkau menjaga hamba-hambaMu yang shalih)’.” (HR. Imam Bukhari)

Begitulah Rasulullah Shallallahi ‘alaihi wa Sallam memberi arahan secara detail, bagaimana sebaiknya seorang muslim mempersiapkan diri sebelum berangkat tidur. Dengan kata lain, sebelum membaca doa sebelum tidur, terlebih dahulu Rasulullah Shallallahi ‘alaihi wa Sallam  membereskan ranjang yang akan digunakannya untuk tidur.

Saat semuanya telah dilakukan, sebagai muslim hal selanjutnya yang dilakukan adalah bertawakal. Selebihnya, Allah SWT yang akan memberi perlindungan dari segala hal yang barangkali tak terlihat oleh mata kita. Itulah fungsi dari sunnah Rasulullah Shallallahi ‘alaihi wa Sallam yang satu ini.

Tarekatnya kita kerjakan, hakekatnya hanya Allah jua yang maha tahu atas segala-galanya. Dengan melaksanakan sunnah Rasulullah, kita akan mendapat pahala di sisi-Nya.

Posting Komentar untuk "Sunnah Mengibaskan Ranjang Sebelum Tidur Beserta Doanya"