Daftar Dana Pinjaman Online Terbaru yang Resmi Terdaftar di OJK - Jempana

Rabu, 25 Desember 2019

Daftar Dana Pinjaman Online Terbaru yang Resmi Terdaftar di OJK

Pinjaman online (pinjol) tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kasus tentang jerat pinjol yang menjerat nasabahnya sendiri telah banyak tersiar di berbagai media daring. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita waspada jika dalam melakukan peminjaman dana secara online.

Ilustrasi Pinjaman Dana Online (Pixabay)

Persoalan pinjol terkadang cukup merepotkan nasabahnya. Pasalnya, pemberi dana pinjol ilegal masih berkeliaran dan ditemukan dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain ilegal, keberadaan pinjol ilegal ini dapat merugikan banyak orang.

Baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada menemukan 144 pemberi dana pinjol yang tidak terdaftar di OJK sekaligus memberi imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap pinjol ilegal.

OJK juga merilis daftar pemberi pinjaman legal (sah) yang keamanannya telah dijamin OJK. Selain merilis daftar pemberi pinjaman online legal, 73 aplikasi ilegal telah ditindak oleh OJK.

Supaya Tak Terjerat Pinjol Ilegal, Simak 6 Cara Pencegahan Ini saat Ajukan Pinjol


Fintech (Instgram)


Daftar Terbaru Pinjaman Dana Online yang Resmi Terdaftar di OJK


OJK selalu memperbarui penyelenggara financial technology (fintech) yang melakukan kegiatan pemberian dana pinjaman online secara resmi. Sejauh ini (Desember 2019) jumlah yang tercatat telah mencapai 144 fintech.

Berdasarkan publikasi OJK, terdapat perubahan 12 finctech yang semula terdaftar menjadi berizin, seperti kseleran, Ammana, PinjamanGo, Koinworks, Pohon Dana, Mekar.id, AdaKami, Esta Kapital, KreditPro, FINTAG, RupiahCepat, CROWDO.

Untuk mengetahui 144 fintech terdaftar di OJK, Anda bisa melihat langsung ke website OJK dan mengunduh data fintech resmi tersebut.

Nah, ketika Anda telah mengetahui fintech mana saja yang telah terdaftar di OJK, ada poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan ketika mengajukan pinjol di perusahaan bersangkutan. Dikutip dari MoneySmart, ada tiga poin penting yang perlu diperhatikan

1. Ada ulasan positif ( review) yang diberikan peyedia dana pinjaman online (pinjol)
Tak jauh berbeda ketika Anda tengah berbelanja online, penyedia layanan pinjol yang bagus akan dengan sedirinya diulas oleh si peminjam dana, ulasan postif dari dari banyak peminjam dana bisa dijadikan acuan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa pinjol. Ulasan itu bisa Anda dapatkan melalui Playstore tempat aplikasi tersebut bisa Anda unduh (download).

2. Bunga yang disediakan oleh jasa pinjol masih di batas wajar
Mudahnya proses peminjaman online, terkadang membuat kita bisa bertindak gegabah. Tanpa kita sadari, kita telah terjerat dalam hitungan bungan yang cukup besar. Dan akhirnya, merepotkan kita di masa datang pada saat pembayaran.

Dalam kasus bunga pinjaman, OJK tidak bisa ikut campur dalam urusan yang satu ini. Oleh karena itu, Anda perlu lebih ketat dalam memilih fintech sebagai tempat Anda meminjam dana. Anda bisa membandingkan besaran bunga yang diberikan oleh tiap-tiap fintech pinjaman online.

3. Verifikasi Nomor Telepon atau Handphone
Saat memverifikasi data dalam aplikasi pengajuan, penyedia jasa layanan pinjaman online yang baik dan benar akan langsung menghubungi Anda. Anda perlu waspada dengan tindak tanduk penyedia pinjol yang seringkali menelpon untuk menawarkan pinjaman uang kepada Anda. Boleh jadi, itu adalah jasa pinjol ilegal.

Demikian daftar resmi pinjaman online yang ada di OJK dan pencegahan dini terhadap pinjol ilegal yang bisa membantu Anda untuk tetap hati-hati saat melakukan pinjaman.

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda