Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Termasuk Indonesia, Gaji Guru Terendah Ada di 10 Negara Ini

Guru adalah orang yang pekerjaannya atau profesinya mengajar. Namun, guru tak hanya sebatas mengajar, guru juga berperan dalam mendidik memberi bimbingan, memberi penilain, dan melakukan evaluasi berkala kepada peserta didik.

Gaji Guru Terendah Ada di 10 Negara Ini, Indonesia Termasuk?
Ilustrasi guru mengajar (source image: pixabay)
Oleh karena itu, tak salah jika guru itu harus digugu dan ditiru. Digugu artinya percaya apa yang telah ia sampaikan, dan ditiru karena seorang guru dianggap memiliki suri tauladan yang patut dicontoh oleh murid-muridnya.

Namun, di luar semua itu, kesejahteraan seorang guru masih belum merata di Indonesia sehingga upah atau gaji yang di dapat seorang guru, terutama yang berstatus honorer tergolong kecil, bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup (mungkin) bisa dikatakan kurang dari upah yang diterimanya.

Berbicara tentang upah atau gaji guru, apakah Indonesia termasuk negara paling rendah dalam memberi upah? Berikut daftar lengkap upah guru paling rendah di dunia yang telah Jempana rangkum dari berbagai sumber.

10 Negara dengan Gaji Guru Terendah di Dunia


Gaji guru di Israel, per tahun Rp 275 jutaan

Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, guru di sana hanya menerima upah sekitar US$ 19.550 atau setara Rp 275 jutaan per tahunnya.

Gaji duru di Republik Ceko, per tahun Rp 262 jutaan

Sebagai negara yang termasuk dalam benua Eropa, kesejahteraan guru di Republik Ceko berbanding terbalik dengan negara-negara seperti Swiss, Jerman, Belanda, dan Luxemburg. Padahal upah tertinggi guru didomninasi oleh negara benua biru. Ironisnya, rata-rata pendapatan yang didapatkan oleh guru di Republik Ceko sekitar US$ 18.610 atau setara Rp 262 juta per tahunnya.

Gaji guru di Turki,  per tahun Rp 242 jutaan 

Kemudian Turki. Negara yang sebagian wilayahnya ada di benua Asia dan Eropa itu, upah guru yang didapat hanya sekitar US$ 17.180 atau sekitar Rp 242 juta per tahunnya.

Gaji guru di Chili, per tahun Rp 231 jutaan 

Sebagai negara yang termasuk dari daratan Amerika Latin, Cili lebih baik ketimbang Brasil. Akan tetapi, menurut The Guardian, gaji yang diterima oleh para guru di Cili setiap tahunnya sebesar US$ 16.410 atau setara Rp 231 juta.

Gaji guru di Brasil, per tahun Rp 209 jutaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, Brasil yang notabene berada di daratan Amerika Latin , guru di sana hanya mendapatkan upah sebesar US$ 14.840 atau sekitar Rp 209 juta per tahunnya. Jika dibandingkan dengan penghasilan mega bintang sepakbola Neymar Jr. profesi guru di sana jauh dari kata sejahtera.

Gaji guru di Hongaria, per tahun Rp 207 jutaan 

Gaji guru yang jauh dari kata sejahtera kembali datang dari negara Eropa, yaitu Hongaria. Pendapatan guru di sana per tahun mencapai US$ 14.760 atau setara Rp 207 jutaan.

Gaji guru di Malaysia, per tahun Rp 137 jutaan

Negara yang serumpun dengan Indonesia ini menjadi negara yang termasuk rendah dalam hal memberi gaji guru. Pendapatan yang diperoleh guru di sana sekitar 40 ribu Ringgit Malaysia atau setara Rp 137 jutaan per tahunnya.

Gaji guru di India, per tahun  Rp 42 jutaan 

Masih dalam lingkaran Asia, India termasuk dalam negara yang kecil dalam hal memberi gaji seorang guru. Meski tergolong dalam negara berkembang, pendapatan yang diperoleh guru di India rata-rata sekitar Rp 42 juta per tahunnya.

Gaji guru di Indonesia, per tahun Rp 40 jutaan

Barangkali ini fakta yang tak bisa kita mungkiri. Indonesia menjadi urutan kedua yang memberi rendah gaji seorang guru. Rata-rata pendapatan guru yang diraih dalam setahun sekitar US$ 2.830 atau hanya setara Rp 40 jutaan

Gaji guru di Pakistan, per tahun Rp 22 jutaan

Pakistan menjadi negara yang paling kurang makmur bagi para guru karena setiap tahunnya tenaga pengajar di sana hanya diberikan kompensasi sekitar Rp 22 jutaan.

Perlu diketahui bersama, angka yang tertera di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu diiringi kenaikan upah yang diberikan oleh pemerintah terhadap guru setiap tahunnya.

Demikian deretan negara yang memiliki rata-rata gaji guru terendah di dunia. Semoga ke depannya Indonesia bisa keluar dari daftar tersebut dan bisa masuk dalam jajaran negara yang memberikan apresiasi tinggi terhadap guru, para pahlawan tanpa tanda jasa.

Posting Komentar untuk "Termasuk Indonesia, Gaji Guru Terendah Ada di 10 Negara Ini"