Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pemakzulan Donald Trump Oleh DPR AS Jadi Topik Terhangat

Di linimasa, kata pemakzulan kembali ramai diberitakan. Hal itu berkaitan dengan pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Usut punya usut, usulan pemakzulan tersebut bisa terjadi karena Trump dikabarkan menyalahgunakan kekuasaannya dan menghalangi Kongres.

Pemakzulan Donald Trump Oleh DPR AS Jadi Topik Terhangat
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (source image: axios.com)
Dalam bahasa Inggris pemakzulan disebut sebagai impeachment. Pemakzulan merupakan mekanisme politik yang terjadi di negara demokrasi. Pemakzulan dilakukan bila kepala negara atau kepala pemerintahan , kepala lembaga yudikatif atau legislatif melakukan kejahatan dan melanggar undang-undang.

Selain itu, pemakzulan merupakan proses pendakwaan yang berujung pada pemecatan terhadap kepala negara atau pemerintahan. Dirangkum dari berbagai sumber, pemakzulan akan berhenti pada proses dakwaan yang memiliki kekuatan politik. Kendati demikian, pemecatan yang memiliki kekuatan hukum tetap diputuskan oleh lembaga yudikatif.

Nah, berkaitan yang terjadi di AS saat ini, Dewan Perwakilan memutuskan untuk memakzulkan Trump dengan dua dakwaan. Namun, Trump lebih dulu harus melalui sidang di hadapan Senat yang bertujuan untuk membuktikan apakah dakwaan itu benar atau keliru.

Arti kata pemakzulan menurut KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemakzulan merupakan kata turunan dari makzul.

Makzul artinya berhenti memegang jabatan; turun takhta. Pemakzulan artinya proses, cara, perbuatan memakzulkan. Sedangkan memakzulkan artinya menurunkan jabatan; memberhentikan dari jabatan. Selain itu memakzulkan juga memiliki arti meletakkan jabatannya (sendiri) sebagai raja; berhenti sebagai raja.

Jadi, sekarang sudah tahu kan arti dari kata pemakzulan. Bagaimana menurut kamu tentang polemik yang membelit Presiden AS, Donald Trump ini, apakah Trump akan lolos dari pemakzulan yang diajukan Dewan Perwakilan AS?

Posting Komentar untuk " Pemakzulan Donald Trump Oleh DPR AS Jadi Topik Terhangat"