Awas, 4 Aplikasi Ponsel Ini Bisa Bikin Kamu Makin Boros - Jempana

Jumat, 10 Januari 2020

Awas, 4 Aplikasi Ponsel Ini Bisa Bikin Kamu Makin Boros

Pemborosan ternyata bisa berasal dari aplikasi yang kita pasang di smartphone. Aplikasi-aplikasi yang kamu instal tersebut disinyalir mampu menimbulkan keinginan minat kita untuk membeli barang, padahal barang itu belum tentu berguna dan tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Empat Aplikasi Gawai yang Bisa Bikin Hidup Semakin Boros

Mengontrol pengeluaran menjadi salah satu hal yang sulit dikendalikan. Oleh karena itu, mengatur keuangan dengan bijak adalah fungsi dasar membuat kamu jauh dari hidup boros. Terlebih, fungsi dari sebuah aplikasi yang ada di ponsel adalah memudahkan kamu dalam bertransaksi, misalnya.

Namun,  dengan adanya aplikasi-aplikasi itu justru mengundang hasrat kamu berbelanja. Jika kamu sudah sampai pada taraf itu, ada baiknya kamu menghapus aplikasi tersebut. Karena, tidak menutup kemungkinan jika kamu meneruskan kebiasaan tersebut, kamu akan segera bertemu dengan yang namanya krisis keuangan.

Untuk lebih jauh, ada empat macam aplikasi yang mampu bikin kantong kamu jebol didukung dengan faktor kebiasaan kamu yang suka berbelanja dan sebagainya. Berikut 4 aplikasi yang bisa bikin kamu boros.

1. Aplikasi Mobile Banking
Aplikasi mobile banking adalah salah satu hal yang membuat kamu bisa hidup boros apabila tidakbijak dalam mengeluarkan uang. Sebab, di zaman serba canggih begini, segala transaksi pembayaran bisa dilakukan lewat smartphone yang kamu punya.

Menariknya, kemudahan yang diberikan oleh aplikasi mobile banking akan membuat kamu jauh lebih boros. McKinsey & Company telah melakukan riset pada tahun 2019 lalu. Fakta yang ditemukan adalah konsumen Indonesia yang aktif menggunakan mobile banking lebih banyak berbelanja dan membayar melalui mobile banking ketimbang yang tidak menggunakan mobile banking.

2. Aplikasi Food Delivery
Aplikasi food delivery merupakan sebuah layanan pesan antar makanan kepada konsumen yang memeasan melalui sebuah aplikasi. Sejatinya, kehadiran aplikasi antar pesan makanan ini dirancang untuk memudahkan konsumen membeli makanan yang lokasinya jauh dari rumah atau tempat si konsumen memesan.

Namun, mungkin sebagian konsumen menyadari adanya perbedaan harga antara langsung beli di tempat dan jasa antar langsung ke rumah. Meskipun perbedaan harganya berkisar antara 5-10 ribu, perbandingan harga akan jauh lebih terasa apabila kamu memesan dengan jumlah yang tidak sedikit. Karena sebagai konsumen akan dikenai biaya ongkos pengiriman.

Selain itu, jika kebiasaan ini terus berlanjut setiap hari, kamu coba saja kalkulasikan berapa pengeluaran  hanya untuk menanggung ongkir. Artinya, tanpa terasa hal itu akan menggerus keuanganmu secara perlahan-lahan.

Baca Juga: Tiga Zodiak Ini Punya Kans Paling Bagus di Tahun 2020

3. Aplikasi Game Berbayar 
Aplikasi game berbayar juga termasuk dalam kategori aplikasi yang membuat hidup semakin boros. Meskipun kamu memiliki hobi main game, kecanduan menggunakan aplikasi game berbayar akan membuat kamu hilang kendali dalam mengeluarkan uang.

Sebagaimana kita tahu, di dalam sebuah game terdapat item-item yang menarik perhatian konsumen game untuk membeli salah satu atau item-item yang “diperlukan” sesuai kebutuhan. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah kebiasaan membeli item tersebut akan terus berlanjut karena ada saja hal yang mebuat kamu tidak puas.

Sementara itu, haraga dari item tersebut tidak murah. Oleh karena itu, ada baiknya game yang sedang kamu mainkan dijadikan sebagai ranah hiburan lain sebagai selingan, bukan sebagai kewajiban membeli item-item yang ada pada game tersebut.

4. Aplikasi Online Shop 
Aplikasi toko online memberi kemudahan konsumen saat berbelanja. Hanya dengan klak-klik, bayar, kemudian barang yang dipesan akan sampai di depan rumah. Artinya, aplikasi toko online membuat konsumen lebih menghemat waktu.

Namun, yang jadi persoalan adalah kamu membeli barang hanya karena ingin memiliki barang tersebut, dan bukan atas dasar kebutuhan. Akibatnya, hal itu bisa membuat kantong kamu jebol.

Kecendurangan berbelanja online akan semakin menarik minat perhatian konsumen karena adanya kemudahan dalam berbelanja. Bahkan melalui aplikasi online pun, kamu bisa mendapatkan barang secara kredit.

Kebiasaan ini, jika tidak segera ada kesadaran dari diri kamu sendiri, akan membuat keuanganmu berangsur-angsur memburuk. Jadi, jika ingin berbelanja online, pikirkan dengan bijak, apakah barang itu termasuk kebutuhan atau kamu hanya sampai pada batas ingin memiliki saja.

Nah, itu tadi daftar aplikasi yang barangkali tidak kamu sadari sudah mengubah perilaku hidup kita lebih boros dari baisanya. Jadi, pilihan tetap ada di tanganmu. Apakah kamu akan membiarkan aplikasi itu berada di smartphone kamu, atau melawan hasrat kamu untuk mengeluarkan uang secara berlebihan dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebagai catatan, untuk aplikasi food delivery dan mobile banking mungkin kamu akan memerlukannya karena seringkali digunakan saat mendesak. Namun, untuk dua aplikasi lainnya, kamu boleh mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut.
Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda