Alexandr Misko Fingerstyle Asal Rusia yang Mendunia Lewat Youtube - Jempana

Minggu, 05 Januari 2020

Alexandr Misko Fingerstyle Asal Rusia yang Mendunia Lewat Youtube

Alexandr Misko, fingerstyle asal Rusia ini tentu sudah tak asing lagi bagi yang sering berselancar di YouTube dan gemar menonton atau mendengarkan musik. Jemarinya yang piawai, cara bermain gitarnya yang aduhai telah melambungkan namanya di seantero jagad raya.

Biografi Alexndr Misko
Alexandr Misko (last.fm)
Melalui permainan fingerstyle-nya, Alex dianggap Jon Gomm sebagai salah satu masa depan gitar akustik. Menurut gitaris asal Inggris itu, pertama kali melihat permainan Alex hatinya dipenuhi kegembiraan sekaligus kelegaan. Sebab, pada generasi Jon, orang-orang menyangsikan tak ada yang mempu memaikan gitar lebih dalam lagi.

Alex bergabung dengan YouTube pada 1 Mei 2012 silam saat dirinya berusia 12 tahun. Pemuda asal Rusia itu mengunggah video fingerstyle pertamanya berjudul “Trevor gordon hall - Story (cover on classical guitar)”.

Puncaknya terjadi pada tahun 2017 lalu. Saat itu, Alex membuat video cover gitar “Billie Jean” dan mendapatkan apresiasi yang di luar dugaan. Videonya tersebar di media sosial Facebook, dan telah ditonton sebanyak 33 juta kali.

Kepopuleran Alex melalui Billie Jean seakan membuka pintu lainnya dalam dunia gitar. Ia berada satu panggung bersama gitaris ternama seperti Jon Gomm, Guthrie Govan, Tobias Rauscher, Maneli Jamal di acara Showcase Guitar Summit yang diselenggarakan di Jerman kala itu.

Meski tahun 2017 adalah tahun yang penuh keajaiban, tahun sebelumnya Alex telah menelurkan tiga album dan manggung secara solo di berbagai belahan dunia. Ia juga aktif mengajar dan gemar merekam permainan gitarnya.

Kecintaan Alex terhadap gitar akhirnya membuahkan hasil. Ia dinobatkan sebagai "Guitarist of the Year" oleh Music Radar.

Permainan fingerstyle Alex yang unik yang terdengar begitu ramain meski dimainkan seorang diri Bahasa musiknya yang universal dan enak didengar oleh di mana pun berada telah merenggut hati pendengar seutuhnya.

Saat ini, Alex berusia 22 tahun. Gitaris kidal itu sering mondar-mandir di acara-acara televisi di tanah kelahirannya. Bahkan ia telah melakukan konser di berbagai belahan dunia. Sementara ini, pengikut Alex di Youtube telah menjadi 500 ribu lebih subscriber (pelanggan).

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda