6 Langkah Mudah Menghemat Uang Gaji Bulanan - Jempana

Senin, 13 Januari 2020

6 Langkah Mudah Menghemat Uang Gaji Bulanan

Bagi karyawan yang mendapatkan gaji bulanan, selalu mencari cara menghemat uang gaji bulanan mereka. Salah satu cara menghemat uang gaji adalah dengan menabung. Namun, menyisihkan sebagian uang ke dalam tabungan agak sukar diimplementasikan. Karena ada saja hal-hal yang terjadi di luar rencana.

6 Langkah Mudah Menghemat Uang Gaji Bulanan

Cara menghemat uang gaji paling baik adalah dengan memerhatikan pengeluaran dengan seksama. Dengan kata lain, kita harus mengetahui ke mana saja uang gaji yang kita terima itu disalurkan. Karena tidak setiap orang benar-benar teliti saat melakukan pengeluaran. Akibatnya, yang terjadi adalah besar pasak dari pada tiang.

Gaji yang diterima setiap karyawan tentu berbeda. Akan tetapi, apabila cara menghemat uang gaji dilakukan dengan baik dan benar berdampak pada kehidupan kita ke depannya. Bagi, kamu yang ingin belajar menghemat uang gaji dengan mudah, ada enam hal yang perlu diperhatikan dalam menghemat uang.

Cara Mudah Menghemat Uang Gaji Bulanan

1. Membuat rencana bulanan dan mencatat semua pengeluaran dengan baik

Membuat rencana bulanan adalah prioritas utama cara menghemat uang gaji dengan mudah. Berapa pun penghasilan kamu setiap bulan, biasakan mencatat pengeluaran secara rinci. Misalnya, sebelum kamu belanja kebutuhan bulanan, kamu sebaiknya menganggarkan uang dan mencatatnya terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui berapa pengeluaran kamu setiap bulannya untuk kebutuhan bulanan.

Sebagai catatan, pastikan kamu mengeluarkan uang seperti yang telah kamu catat dan kamu anggarkan sebelumnya. Dengan demikian, artinya kamu sudah belajar untuk tidak mengganggu uang yang telah dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

2. Membuat tabungan berencana

Cara menghemat uang gaji bulanan selanjutnya adalah dengan membuat tabungan berencana. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih teratur dalam mengatur keuangan. Jika bisa, kamu memiliki dua rekening bank. Satu untuk rekening harian, dan satunya lagi untuk tabungan berencana.

Dengan memiliki tabungan berencana, artinya kamu peduli akan kehidupan kamu yang lebih baik ke depannya. Selain itu, kamu tahu persis betapa hasil jerih payah yang kamu cari selama ini telah disisihkan ke dalam tabungan berencana.

Baca Juga: 5 Milarder yang Rugi Triliunan Rupiah Tahun Lalu

3. Mengeluarkan uang untuk belanjaan yang jadi prioritas (sesuai kebutuhan)

Cara menghemat gaji berikutnya adalah dengan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan. Karena dengan adanya kesadaran ini, kamu dapat belajar mengontrol keuangan sekaligus mengontrol diri kamu saat mengeluarkan uang.

Jika kamu menginginkan sesuatu atau membeli barang, yang notabene memang benar kamu butuhkan, kamu bisa melakukan perbandingan harga antara barang baru dan barang bekas. Jika selisih yang ada cukup signifikan di antara keduanya, dan barang bekas masih layak pakai dengan harga terjangkau, kamu bisa dapatkan barang itu. Intinya, kamu telah mendapatkan barang yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

4. Kurangi biaya pengeluaran  yang  melibatkan aktivitas rutin

Sebagai karyawan yang terbiasa makan siang di rumah makan atau restoran, ubah kebiasaan tersebut dengan belajar membawa makanan dari rumah. Kebiasaan itu dengan sendirinya telah menjadi bagian dari cara menghemat gaji bulanan.

Lalu, jika kamu terbiasa nongkrong di kafe walau sekadar ngopi, pastikan kamu belajar mencoba mengurangi kegiatan tersebut. Biasanya setiap minggu, untuk menghemat keuangan, kamu bisa melakukannya dua kali dalam sebulan, atasebulan sekali kalau sekadar ngopi-ngopi saja.

Selain itu, kamu juga bisa mencari diskonan untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu. Manfaatkan momen tersebut sebagai salah satu cara mudah menghemat uang gaji yang kamu terima setiap bulannya.

5. Mencari penghasilan tambahan

Zaman digital menjadi zaman yang potensial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Keterbukaan peluang untuk mencari penghasilan tambahan bisa didapatkan sesuai kemampuan atau skill yang kamu miliki.

Selain tidak mengganggu uang gaji bulanan kamu, dengan mencari uang tambahan melalui internet, artinya kamu menciptakan satu peluang baru. Namun, dengan catatan mencari pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama yang sedang kamu jalani saat ini, dan kamu pintar membagi waktu.

6. Jangan lupa sedekah dan selalu bersyukur atas apa yang telah dimiliki

Banyak orang hebat di luar sana mengeluarkan uangnya untuk bersedekah. Dengan kata lain, mengeluarkan sedikit uang mungkin membuat gaji kamu berkurang. Akan tetapi, percaya atau tidak, bersedekah adalah salah satu kunci menghemat uang gaji bulanan.

Senantiasa bersyukur atas nikmat Tuhan, akan menjadikan kamu orang yang lebih peka dalam memandang sesuatu. Jangan lupa untuk bersedekah dan selalu bersyukur, dan jangan dustakan nikmat Tuhan yang telah diberikan kepadamu.

Itu tadi 6 langkah mudah menghemat uang gaji bulanan. Kamu bisa belajar menerapkannya pelan-pelan mulai bulan depan. Atau kamu bisa melakukannya secara bertahap, misalnya menyisihkan 25 persen uang gaji bulanan untuk ditabung, atau belajar menganggarkan pengeluaran bulanan terlebih dahulu. Inti dari cara menghemat uang gaji bulanan terletak pada kemauan kamu memulainya.

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda