Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Cara Memperbaiki Masalah Situs saat Ditolak Google Adsense

Mendapatkan uang dari google adsense masih menjadi program periklanan online yang paling diminati hingga kini oleh pengguna blog atau website. Namun untuk menjadi mitra google adsense agar iklan bisa tampil di blog, pemilik blog harus memenuhi syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi.

Tips Cara Memperbaiki Masalah Situs saat Ditolak Google Adsense

Iklan baru akan tampil di blog atau website setelah google mengabarkannya melalui surel (email) yang menyatakan situs kamu siap menayangkan iklan. Jika blog kamu belum layak untuk menampilkan iklan, pihak google juga akan mengirimkan pemberitahuan tersebut lewat email.

Belakangan, permasalahan yang sering terjadi di kalangan blogger adalah soal pemberitahuan untuk memperbaiki masalah yang ditemukan oleh pihak google. Menariknya, tak sedikit orang yang mencoba membuat email baru lalu mendaftarkan situs yang sama agar diterima google adsense.

Sebenarnya, hal itu tidak masalah dan sudah menjadi salah satu trik jitu untuk diterima google adsense. Asalkan cara mendaftar google adsense sudah dan instruksi yang diberikan google sudah dilakukan dengan benar. Tapi, hasilnya akan menjadi berbeda jika melakukan kesalahan kecil.

Nah, persoalan yang sering terjadi adalah munculnya pemberitahuan tentang perbaikan masalah situs. Dengan kata lain, akun kamu ditolak google adsense lantaran adanya penemuan dari kebijakan dari pihak google seperti gambar di bawah ini.

Ditolak Google Adsense karena Melanggar Kebijakan dan Penyelesaiannya


Setiap orang tentu pernah mengalami penolakan dari google adsense. Namun tak kunjung menemukan solusi, bahkan hingga berganti-ganti email pun hasilnya masih tetap sama. Melalui artikel ini saya akan bagikan sedikit tips bagaimana cara memperbaiki masalah agar blog kamu bisa menampilkan iklan adsense.

Sebelum kamu memperbaiki beberapa hal atau masalah yang ditemukan oleh pihak google, ada baiknya kamu telah melakukan hal di bawah ini dengan benar agar situs atau blog kamu siap menayangkan iklan google.

  • Pastikan usia blog kamu sudah mencapai usia yang layak untuk diterima menjadi publisher google. Pada kasus ini, usia kelayakan menjadi mitra adsense sebenarnya cukup variatif. Mungkin dulu usia sebuah blog menjadi salah satu hal paling krusial agar blog bisa menayangkan iklan. Namun, seiring perkembangan waktu, google telah sedikit melonggarkan kebijakan yang satu ini. Jika dulu usia blog minimal 6 bulan, kini dengan usia blog yang masih seumur jagung bisa diterima google adsense. Pengalaman saya untuk bisa diterima menjadi mitra google tergolong singkat. Usia blog tak sampai sebulan (14 hari) sudah diterima adsense.
  • Pastikan blog kamu yang masih belia itu telah memiliki artikel minimal saat mendaftar google adsense. Artikel minimal versi saya, mungkin agak sedikit berbeda dengan yang lain. Pengalaman saya saat mendaftar google adsense, blog saya hanya memiliki 25 artikel ketika mendaftar. Artinya, saya membikin 2-3 artikel setiap hari. Itu dilakukan sembari mendaftarkan google adsense.
  • Pastikan artikel kamu bukan hasil plagiarisme. Jika kamu adalah orang yang gemar rewrite (menulis ulang) tidak masalah, asalkan kamu mampu menyajikannya dengan cara yang berbeda dari hasil beberapa sumber yang telah kamu rangkum.
  • Pastikan blog kamu menggunakan tema atau template blog yang responsif dan melengkapi hal-hal seperti About, Contact, Privacy Policy, dan Disclaimer dan menu navigasi lainnya di situs kamu. Meskipun hal ini terdengar sepele, akan menjadi sangat krusial jika diabaikan.
  • Pastikan blog kamu sudah ada pengunjungnya. Jika kamu sulit mendapatkan pengunjung, kamu bisa meningkatkan pengunjung blog terlebih dahalu. Kamu bisa membaca  cara meningkatkan traffic blog lebih dahulu.
  • Pastikan script yang diberikan oleh pihak google telah dipasang setelah kode <head> pada bagian edit HTML. Meski kamu bisa menaruh script iklan di bagian sidebar, ada baiknya kamu menerapkan saran pertama. Karena kode iklan di bawah <head> itu nantinya akan berfungsi sebagai iklan otomatis yang diterapkan oleh google adsense.
Jika kamu telah melakukan enam poin di atas, tetapi masih mendapatkan tanggapan yang sama dari pihak google, artinya ada kekeliruan yang kudu kamu benahi dengan benar agar situs kamu siap menayangkan iklan. Lalu bagaimana cara memperbaiki permasalahan itu?

Baca Juga: Menulis di UC News Tak Lagi Menjanjikan bagi Kontributor

Cara Memperbaiki Permasalahan Google Adsense


1. Clear Chace
Salah satu penyebab permasalahan iklan adsense belum disetujui sepenuhnya karena kamu memiliki akun (email) ganda. Maksud dari email ganda adalah kamu telah mendaftarkan situs yang sama dengan email berbeda. Trik clear chace ini termasuk yang sering digunakan oleh kalangan blogger saat menggunakan email berikutnya sebagai akun baru untuk mendaftar. Kamu hanya perlu menghapus seluruh riwayat dan penanda yang ada di komputer atau smartphone. Pastikan semuanya sudah bersih, lalu lakukan kembali pendaftaran google adsense dengan email yang baru.

2. Perbaiki Ulang DNS Management atau Perbaiki Alamat Blog
Bagi kamu yang menggunakan domain TLD (Top Level Domain) apa pun jenisnya, jika masih muncul pemberitahuan untuk memperbaiki masalah, tandanya ada yang keliru saat kamu melakukan pengalihan domain yang menggunakan pihak ketiga. Untuk memperbaiki masalah tersebut, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke blogger. Pada area dasbor blog, pilih roda gigi (setelan), lalu pilih dasar atau setelan dasar. Pada langkah ini, kamu hanya perlu melakukan sedikit keberanian seperti gambar di bawah ini



  • Kemudian, klik tanda silang yang tertera di bagian pengaturan alamat blog. Dengan melakukan tindakan itu, artinya untuk sementara alamat blog akan kembali menjadi subdomain yang menggunakan namakamu.blogspot.com
  • Setelah itu, lakukan registrasi ulang untuk menggunakan alamat pihak ketiga di tempat kamu membeli domain
  • Jangan lupa mencentang bagian kotak kecil yang bertuliskan alihkan namakamu.com ke www.namakamu.com
  •  Masukan ulang dua CNAME yang tertera di blogspot kamu di tempat kamu membeli domain
  • Setelah itu, biarkan berjalan sebagaimana biasanya sampai pengalihan pihak ketiga (namakamu.com) dapat diakses
  • Berikutnya, masuk ke area google adsense. 
  • Ada dua pilihan yang diberikan pihak google, pilih yang pertama atau centang tanda lingkaran itu yang menyatakan kamu telah memperbaiki pelanggaran kebijakan di https://namakamu.com
  • Langkah terakhir, pasang kode script iklan yang diberikan google adsense tepat di bawah <head> pada area edit HTML
Setelah kamu menyelsaikan semuanya, kamu tinggal menunggu email dari google 3-5 hari ke depan apakah situs kamu bisa menayangkan google adsense atau tidak. Cara ini telah saya terapkan dan berjalan sesuai rencana alias berhasil.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Memperbaiki Masalah Situs saat Ditolak Google Adsense"