Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bisnis Kue Artis Kekinian Banyak yang Tutup, Berikut Alasannya

Beberapa tahun lalu dunia kuliner sempat menghebohkan jagat media sosial dengan kemunculan kue kekinian dengan varian bakery dan pastry. Apa lagi kue-kue itu menjadi viral karena menggandeng nama-nama artis beken ibu kota.


Kehadiran kue artis atau kue kekinian, konon dapat menjadi pesaing serius bagi toko-toko kecil yang ada, dan diprediksi bakal menggerus pasar kue-kue lokal. Terlebih, kue artis ini tersebar di berbagai daerah.

Menariknya, kue artis yang begitu familiar di telinga masyarakat makin hari gaungnya tak lagi terdengar. Hal ini dapat dilihat dari akun media sosial kue artis yang tak lagi update di media sosial. Bahkan beberapa outlet kue artis dikabarkan telah ditutup.

Nah, sebenarnya apa yang terjadi dengan kue artis atau kue kekinian ini hingga tidak bisa lama bertahan di bidang kuliner khususnya bakery dan pastry? Berikut ulasannya.

Menurut Tom MC Ifle, ada 7 (tujuh) jenis produk yang harus diketahui sebelum Anda memulai sebuah usaha atau bisnis. Singkatnya, Anda harus menentukan produk jenis apa yang akan ditawarkan kepada konsumen Anda nantinya.

7 Jenis Produk dalam Dunia Bisnis


1. Unsought Product

Unsought Product adalah produk yang belum ada di pasaran. Jika dilihat lebih dalam unsought product merupakan produk yang belum terpikir. Jenis produk ini bisa dikategorikan masih "bayi" dan  belum ada yang mengenal atau belum ada yang tahu tentang produk ini, dan jumlah permintaan tergolong sangat sedikit.

Unsought product bisa dikatakan sebagai produk yang benar-benar inovatif. Artinya, kecil kemungkinan akan viral atau booming jika tidak memiliki marketing (pemasaran) sama sekali. Namun, bisa booming jika memiliki marketing yang luar biasa.

Kesimpulannya, unsought product membutuhkan usaha jauh lebih keras untuk mempromosikan produk ini.

2. Product Commodity

Product Commodity merupakan produk yang tak mampu dibedakan oleh kustomer (customer). Lalu kue artis termasuk unsoght prodcut atau product commodity? Berdasarkan penuturan Tom, kue artis belum termasuk dalam kedua jenis produk ini.

Akan tetapi, jika sebuah produk dapat ditiru atau ada yang meniru sebuah produk tertentu dan harganya jauh lebih terjangkau (murah) dari pendahulunya, produk tersebut akan menjadi sebuah komoditas.

3. Customer Product

Customer Product atau produk pilihan pelanggan adalah produk yang siap dibayar mahal oleh kustomer. Persoalannya, produk pilihan pelanggan ini memiliki nilai jual yang ada di luar harga jual produk itu sendiri.

Sebagai contoh, kue artis adalah produk yang termasuk dalam preferensi pelanggan. Artinya, dengan harga premium sekali pun customer preference tetap akan merogoh koceknya. Persolannya, sampai berapa lama harga premium dari sebuah produk siap dibeli oleh kustomer?

Setelah Anda mencoba kue artis, apakah Anda akan menjadi pelanggan setia produk tersebut seumur hidup?

4. Produk yang Menjual Kenyamanan

Pada dasaranya produk yang menjual kenyamanan membuat Anda ringan dalam bekerja, membuat nyaman dalam funsgi tertentu. Produk jenis ini contohnya seperti mobil, motor, dan lain sebagainya.

Produk jenis ini akan terus menjual kenyamanan pada pelanggan. Oleh karena itu, jenis produk ini harus terus berinovasi. Sebagai contoh, Anda bisa melihat perbedaan mobil zaman dahulu dan sekarang. Produk artis adalah salah satu produk yang menonjokan gengsi lantaran bisa membeli sekaligus berfoto dengan box (kotak) kue artis tersebut.

5. Produk Khusus

Produk khusus adalah produk yang menyasar target tertentu. Dengan kata lain, jenis produk ini dirancang hanya untuk orang tertentu atau dengan selera tertentu. produk dengan niche (kategori) tertentu ini misalnya kaca mata atau alat bantu pendengaran.

6. Produk Pelengkap

Nah, produk pelengkap adalah produk yang dirancang untuk melengkapi produk lainnya. Produk pelengkap ini biasanya disebut alat ekstra atau aksesori. Kelakukan produk pelengkap akan sangat berbeda dengan produk utama karena kehadiran produk pelengkap hanya sebatas pada aksesori semata.

7. Produk Premium

Produk premium adalah produk yang menjual status sosial atau produk unggulan yang bisa dihargai dengan mahal. Oleh karena itu, status sosial seseorang bisa langsung naik hanya dengan menggunakan produk premium.

Nah, barangkali kue artis adalah produk yang sifatnya premium. Problemnya adalah kalau produk tersebut habis (sold out) artinya besok tidak bisa dibeli lagi. Jika tidak ada inovasi dari sebuah produk tertentu atau masih sama seperti awal kemunculannya, jangan heran jika pelanggan akan menilainya produk itu akan menjadi biasa-biasa saja dan tak ada lagi yang istimewa dari produk tersebut.

Pembelajaran dari kue artis atau kue kekinian yang perlahan mulai memudar seiring zaman sangat baik bagi kita yang ingin memulai sebuah usaha kecil-kecilan dengan mengenal tujuh jenis produk terlebih dahulu dan menentukan jenis produk apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen Anda nantinya.

Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia usaha bisnis harus fokus dan inovatif. Selain itu, inovasi tidak bisa dilakukan hanya sekali saja. Inovasi yang baik adalah mendengarkan suara konsumen atau pelanggan. Apa yang konsumen mau, kita harus kejar dan berikan apa yang mereka inginkan.

Dengan memenuhi permintaan konsumen, artinya Anda sudah kelihatan komitmen di mata konsumen Anda. Ingat, komitmen itu jangkanya tidak bisa pendek. Komitmen itu harus long term (jangka panjang).

Kesimpulannya adalah jika Anda memilih produk, Anda harus memilih salah satu dari tujuh jenis produk yang telah diterangkan di atas dengan komitmen yang sesuai dengan produkan produknya.

Tonton Video Selengkapnya

Posting Komentar untuk "Bisnis Kue Artis Kekinian Banyak yang Tutup, Berikut Alasannya"