7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipotensi - Jempana

Jumat, 03 Januari 2020

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipotensi

Hipotensi atau darah rendah merupakan sebuah kondisi saat tekanan darah berada di bawah angka normal, yaitu 90/60 mmHg. Darah rendah dapat dialami setiap orang dan umumnya tidak berbahaya.

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipotensi

Namun, jika seseorang terkena hipotensi gejala yang sering muncul adalah pusing hingga hilang kesadaran. Pemicu atau penyebab darah rendah bisa disebabkan beragam faktor, misalnya kehamilan, penyakit jantung, anemia, hormon yang berubah, sedang mengonsumsi obat-obatan, dehidrasi, dan berkaitan dengan kondisi neurologis.

Biasanya, darah rendah terdeteksi saat dokter  melakukan pemeriksaan tekanan darah. Bagi orang sehat, hipotensi yang tidak disertai gejala tidak begitu berbahaya. Akan tetapi, menjadi berbeda ketika hipotensi dialami oleh orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu dan para manula (manusia usia lanjut)

Oleh karena itu, penderita hipotensi perlu memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Tujuannya memilih makanan yang tepat bagi penderita hipotensi supaya kondisinya tidak semakin memburuk. Hipotensi jika dibiarkan akan mempengaruhi kinerja organ vital yang ada di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan secara bertahap penyakit lain akan muncul.

Baca Juga: Rekomendasi Kandungan Skincare yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipotensi (Darah Rendah)


1. Bayam
Penderita darah rendah sangat dianjurkan mengonsumsi bayam. Selain kaya akan nutrisi, bayam juga mengandung natrium sebesar 4mg dalam 100 gram. Meski natriumnya tergolong rendah, hal itu diimbangi dengan kadar air 92% yang ada pada sayur bayam. Zat besi dan kandungan asam folat di dalam sayur bayam dapat mengatasi anemia yang menjadi penyebab hipotensi.

2. Buah Bit
Selanjutnya datang dari umbi-umbian. Buah bit merupakan buah yang sangat berkhasiat untuk penderita darah rendah dan darah tinggi. Buah bit juga mampu meningkatkan jumlah hemoglobin yang membuat pemakannya terhindar dari anemia.

Selain itu, setiap 100 gram buat bit terkandung kalium sebesar 220 mg dan natrium 36 mg. Jika kamu enggan memakannya langsung, buah bit juga bisa dinikmati dengan cara di jus atau dipadukan ke dalam masakan.

3. Daging merah dan hati ayam
Selain sayuran, hati ayam dan daging merah termasuk salah satu makanan untuk penderita hipotensi. Kabar baiknya, daging merah mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi. Dan hati ayam mengandung asam folat.

Ada baiknya saat mengonsumsi makanan ini dilakukan secara bergantian. Selain itu, cara kerja kedua makanan untuk tekanan darah rendah tersebut bisa meningkatkan tekanan darah dengan mengatasi anemia lewat kandungan vitamin B12 dan asam folat yang ada di dalamnya.
.
4. Telur 
Kabar baik bagi para pecinta telur! Telur ternyata mampu menjadi makanan yang tepat bagi para penderita darah rendah. Kekurangan vitamin B12 sendiri ternyata bisa memicu anemia. Padahal anemia adalah salah satu penyebab umum terjadinya tekanan darah rendah.

Karena makanan untuk penderita darah rendah yang satu ini mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi, maka telur cocok untuk dikonsumsi penderita tekanan darah rendah.

5. Seledri 
Bukan cuma berguna sebagai bahan untuk mempercantik tampilan masakan atau penambah rasa, seledri juga berguna untuk menambah tekanan darah. Sayuran yang satu ini dipilih menjadi makanan untuk penderita darah rendah karena mengandung kandungan natrium yang cukup tinggi.

Pada bagian daunnya, kandungan natrium seledri adalah sebanyak 96 mg natrium per 100 gram. Sementara itu, bagian batangnya mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Seledri juga mengandung air sebanyak 95% dan kandungan berguna lain seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, serta folat.

6. Lemon 
Lemon jadi makanan untuk penderita darah rendah yang nggak kalah baik bagi tubuh. Buah yang satu ini sangat kaya akan air. Hal itu sejalan dengan khasiatnya bagi penderita darah rendah. Buah yang mengandung banyak air bisa membuatmu terhindar dari dehidrasi yang jadi pemicu tekanan darah rendah di tubuh.

Hal itu diperkuat dengan adanya vitamin C dan antioksidan dalam makanan untuk darah rendah tersebut. Vitamin C dan antioksidan sendiri bisa membantu mengatur sirkulasi darah sekaligus menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

7. Semangka 
Buah-buahan segar yang satu ini cocok sekali dimakan saat darah rendah tengah menyerang. Makanan yang satu ini terbilang wajib dikonsumsi penderita darah rendah. Hal itu dikarenakan, mereka yang terkena darah rendah harus makan makanan yang mempunyai kandungan air banyak, dan semangka adalah salah satunya.

Semangka sendiri mempunyai kandungan air yang mencapai 92%. Semangka mengandung pula likopen, salah satu antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

Buah tersebut bisa membantu supaya tubuh tetap terhidrasi. Dengan tubuh yang tetap terhidrasi, maka tekanan darah rendah bisa dicegah dengan baik. Selain semangka, kamu juga bisa menggantinya dengan buah-buahan yang punya kadar air yang tinggi seperti blewah (90%), jeruk (91%) nanas (87%), serta pir dan apel (84%).

Itulah 7 makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita darah rendah atau hipotensi.

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda