Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Miliarder yang Rugi Triliunan Rupiah Tahun Lalu

Masuk dalam salah satu deretan orang terkaya di dunia adalah hal yang istimewa. Bagaimana pun hal itu akan membuat nama orang tersebut melambung dan dikenal oleh banyak orang. Namun, jangan salah, meski menyandang status miliuner, orang terkaya di dunia juga mengalami kerugian.

Jeff Bezos Orang Terkaya di Dunia yang Rugi hingga Triliunan

Nilai kekayaan orang terkaya di dunia bisa saja merosot di tahun 2020 ini. Hal itu disebabkan oleh kondisi pasar yang tidak menentu, dan beragam faktor lain yang membuat mereka rugi sampai triliunan rupiah.

Meski menanggung kerugian dalam jumlah yang sangat besar, status yang mereka sandang saat ini tidak mengubah status mereka sebagai seorang miliuner.

Berdasarkan laporan Forbes pada tahun 2019 lalu, sederet enterprenuer terkaya di dunia di bawah ini mengalami kerugian yang cukup serius. Dengan kata lain, kerugian yang mereka alami cukup menguras harta mereka.

Deretan Orang Terkaya di Dunia yang Rugi Sampai Triliunan


1. Azim Premji 


Azim Premji Wipro Outsourching

Berstatus sebagai orang kaya nomor dua dari negerinya Shahruk Khan, Azim Premji mengalami kerugian yang cukup siginifikan dan membuat namanya bergeser ke urutan 17. Azmin merupakan enterprenuer di bidang teknologi, yang mendirikan Wipro sebuah platform outsorucing.

Lalu apa yang melandasi kekayaan Azim merosot sejauh itu?

Faktor utama yang membuat kekayaan Azim terkuras disebabkan karena ia memberikan donasi sebanyak US $ 7,2 miliar atau setara dengan Rp 100 triliun. Kemuliaan hati Azim memang patut diacungi jempol.

Akan tetapi, setahun belakangan kekayaan yang dimiliki Azim turun drastis sebesar US$ 14,1 miliar atau Rp 196 triliun. Meskipun mengalami kerugian karena berdonasi, total kekayaan Azim saat ini masih ada sekitar US$ 7,2 miliar atau Rp 100 triliun lebih.

Baca Juga: Daftar Dana Pinjaman Online yang Resmi Terdaftar di OJK

2. Jeff Bezos 

Mengalami kerugian sebesar US$ 13,1 miliar atau Rp 131 triliun tidak membuat Jeff Bezos mendadak miskin. Harta yang dimiliki Jeff saja masih banyak banget, yaitu sekitar  US$ 109,7 miliar atau Rp 1.528 triliun.

Kerugian yang dialami Jeff disebabkan karena perceraiannya dengan mantan istrinya MacKenzie. Hal itu membuat Jeff menyerahkan 25 persen saham Amazon sebagai harta gono-gini. Perceraian yang dialami Jeff, membuat mantan istrinya itu memegang saham perusahaan e-commerce raksasa itu dengan valuasi US$ 36 miliar atau setara dengan Rp 501 triliun.

3. Subhash Chandra

Subhash Chandra Essel Group

Menyandang status sebagai salah satu orang kaya di India, Subhash Chandra pernah berada pada urutan 19 pada tahun 2015 silam. Subhash adalah konglomerat media, dan perusahaan yang dia dirikan adalah Essel Group.

Tahun lalu menjadi tahun yang buruk bagi Subhash Chandra. Pasalnya, awal Januari tahun 2019, Essel Group dikabarkan terlibat dalam sebuah skandal penyelewengan dana, tetapi laporan itu dibantah langsung oleh perusahaan ini.

Akibatnya, harga saham Zee Entertainment Enterprises yang berada di bawah Essel Group terjun bebas hingga 41 persen. Selain itu, saham Dish TV India yang masih anak usaha Essel turut  mengalami koreksi hingga 65 persen. Alhasil kekayaan Subhash pun minus Rp 47 triliunan.

Essel Group mengambil langkah dengan menjual 11 persen saham Zee Entertainment Enterprises ke Invesco Oppenheimer Developing Markets Fund pada Juli 2019.

Berdasarkan laporan Forbes via SmartMoney, total kekayaan Chandra saat ini adalah US$ 660 juta atau Rp 9 triliun. Dengan kata lain, total kekayaan Subhash berada di bawah US$ 1 miliar.

4. Travis Kalanick 


Travis Kalanick Pendiri Uber

Travis Kalanick merupakan pengusaha yang mendirikan aplikasi Uber. Kerugian yang dialami Kalinick mencapai US$ 3,1 miliar atau Rp 43 triliun. Meski proses IPO dari Uber Mei tahun lalu disambut antusias oleh orang banyak, tetapi kenyataannya saham Uber malah anjlok 30 persen.

Menyandang status orang terkaya sejagat pada urutan ke-239 ini dikabrkan telah menjual saham perusahaan transportasi online yang dia dirikan di bulan November dan Desember 2019, dan mendapat dana segar sebesar US$ 2,5 miliar atau Rp 34 triliun.

Kalanick dikabarkan masih memegang 8,6 persen saham Uber. Saat ini, total kekayaan pria ini adalah Rp 39 triliun. Kalanick tak lagi menjabat sebagai CEO sejak 2017 akibat serangkaian skandal. Kendati demikian, Kalanick masih jadi pemegang saham dan duduk di salah satu kursi direksi.

5. Yan Zhi 

Yan Zhi adalah perndiri Zall Mart Commerce Group

Yan Zhi adalah perndiri Zall Mart Commerce Group dan menjadi salah satu urutan orang terkaya dari negeri tirai bambu pada urutan ke-153. Bisnis perdana yang ia dirikan adalah pusat perbelanjaan.

Selain itu, ia juga memiliki bisnis e-commerce dan perusahaan logistik sebagai penunjang bisnisya. Sayangnya, Agustus 2019 silam, Yan Zhi mengalami kerugian sekitar 74 persen. Drastisnya penurunan ini didasar oleh adanya tekanan dari perekonomian domestik di negara tersebut.

Akibatnya, Yan Zhi mengalami kerugian sebesar US$ 3 miliar atau setara Rp 41 triliun Meksi mengalami kerugian yang sangat besar, total kekayaan Yan Zhi saat ini masih berada di angka US$ 2,2 miliar atau Rp 30 triliunan

Itu tadi deretan orang terkaya di dunia yang hartanya berangsur berkurang pada tahun 2019 silam. Terkurasnya harta orang kaya di dunia ini tak membuat mereka jatuh miskin. Mereka masih tetap menyandang status orang terkaya di dunia.

Posting Komentar untuk "5 Miliarder yang Rugi Triliunan Rupiah Tahun Lalu"