Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Template Premium dan Template Gratisan Blogspot

Template premium merupakan template berbayar yang dirancang secara khusus oleh seorang programer sebagai kebutuhan tampilan sebuah blog atau website. Salah satu keunggulan menggunakan template premium user (pengguna) yang memakai tema premium akan terbebas dari link credit perancang atau pembuatnya.

Perbedaan Template Premium dan Template Gratisan Blogspot

Oleh karena itu, banyak pengguna blog yang memilih menggunakan template premium ketimbang template blog gratisan. Sebagai pengguna template premium, para pengguna tentu sudah tahu secara detail letak perbedaan template premium dan gratisan.

Namun, apakah wajib hukumnya bagi blogger menggunakan template premium untuk sebuah blog yang notabene dengan template bawaan dari blogger dirasa telah mencukupi sebagai wadah untuk menulis sekaligus bisa menghasilkan uang dari blog karena telah diterima google adsense?

Untuk menjawab pertanyaan itu, sebaiknya kita lebih dulu mengetahui secara detail letak perbedaan menggunakan template premium dan template gratisan. Mengetahui perbedaan ini, selain memperkaya wawasan kita sebagai blogger, juga menjadikan kita lebih menghargai hasil karya desainer blog yang telah menguras otaknya membuat template blog sebaik mungkin.

Perbedaan Template Premium dan Template Gratisan Blog


Umumnya, letak perbedaan template premium dan gratisan terletak pada credit link pembuatnya dan support (pembaruan template) jika dilakukan pembaruan (update). Berikut perbedaannya secara rinci.
  • Jika membeli template premium sejatinya akan terbebas dari link credit
  • Pengguna template premium akan terbebas dari injeksi link, yang akan merugikan kita sebagai blogger. Kerugian itu akan membuat peredaran blog kita lenyap dari pencarian google (menurut yang saya baca)
  • Terbebas dari kode enkripsi. Dalam hal ini, pengguna blogger yang ingin melihat-lihat sekaligus belajar bikin template dapat menerjemahkan bahasa yang rumit (file php) melalui sebuah software atau tools lainnya.
  • Ada support dan bisa menerima update (pembaruan) tema blog
Empat poin di atas paling tidak sudah sedikit menerangkan kelebihan menggunakan template premium blog. Nah, bagi yang tidak terlalu paham cara menyunting (edit) blog (kayak saya ini), saran saya sebaiknya menggunakan template premium untuk memudahkan kita sebagai pengguna yang tidak paham dengan bahasa pemrograman. Selain itu, jika kamu membeli template premium dan sama sekali buta bagaimana edit HTML, pengalaman saya, desainer blog atau tempat kamu membeli tema blog premium (khususnya blogspot) akan membantu kamu dengan senang hati.

 Lalu, bagaimana kalau menggunakan template gratisan? Jawabannya tidak masalah. Selama itu membuat kamu nyaman dan bisa produktif mengisi blog yang kamu kelola. Karena menggunakan template premium untuk blog, jika tidak produktif hasilnya sia-sia juga, bukan?

Oleh karena itu, menjadi blogger itu berat, khususnya untuk mengisi blog dengan konten-konten mencerahkan pembaca atau pengunjung blog. Jangan bicara penghasilan yang akan diperoleh dari sebuah blog, tapi dahulukan lah bertanya ke diri kamu, apakah kamu bisa konsisten mengurus blog yang memberikan manfaat bagi pembaca? Meskipun isi blog kamu layaknya buku diary, paling tidak kamu telah membuka gerbang menjadi penulis, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi penulis profesional di masa yang akan datang.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang perbedaan template premium dan template gratisan berdasarkan pengalaman pribadi, tanpa mengesampingkan penggunaan template bawaan blogger, atau template hasil download, dan template hasil cloning-an. Semua itu hanya persoalan nyaman atau tidak nyaman kita sebagai pengguna blogger. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Template Premium dan Template Gratisan Blogspot"