Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Generasi Muda di Tahun 2020

Perubahan zaman turut berdampak pada perubahan industri, terutama dalam merekrut calon tenaga kerja. Buktinya, yang semula dikerjakan oleh manusia perlahan mulai bergeser atau digantikan dengan mesin, kecerdasan buatan dan berbagai macam kecanggihan lainnya.


Hal itu tentu saja menjadi ancaman serius bagi keberadaan manusia dalam dunia industri, yang kita kenal sebagai industri 4.0. Tak berlebihan agaknya, jika The World Economic Forum pada tahun 2015 silam memetakan 10 soft skill (keterampilan nonteknis) yang mau tidak mau wajib dimiliki oleh generasi muda hari ini.

Tak bisa dimungkiri, jika kecerdasan buatan dinilai lebih mangkus dan sangkil. Akibatnya, dunia industri mulai beralih atau lebih memilih berivenstasi pada alat-alat yang bisa bekerja secara otomatis daripada harus mencari tenaga kerja dan membayar gaji bulanan mereka.

Oleh karena itu, supaya kamu tidak digeser dalam arus modernisasi, kamu harus memiliki 10 keterampilan nonteknis yang telah dipetakan oleh The World Economic Forum di tahun 2020 ini.

Namun sebelum masuk ke ke poin soft skill, kamu sebaiknya memahami betul apa itu soft skill agar kamu tidak salah kaprah membedakan antara soft skill dan hard skill (keterampilan teknis).

Definisi (Pengertian) Soft Skill


Para ahli mempunyai definisi tersendiri tentang soft skill ini. Akan tetapi, jika dikerucutkan dapat memiliki makna atau pengertian yang sama. Soft skill merupakan keterampilan interpersonal yang biasa digunakan di dalam dunia profesional. Keterampilan ini dianggap sebagai pelengkap dari hard skill.

Soft skill sangat berbeda dengan hard skill. Hard skill lebih mengutamakan kemampuan teknis yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Contohnya, desain web, pemograman komputer, menulis, dan lain sebagainya. Selain itu, hard skill dapat dipelajari dan dievaluasi.

Sementara soft skill tidak bisa dilatih atau dipelajari. Soft skill biasanya telah melekat dalam diri seseorang bahkan sejak dini. Faktor lingkungan biasanya sangat mempengaruhi soft skill seseorang. Karana soft skill terbentuk dari interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Contoh yang paling sering muncul di setiap lowongan, adalah soft skill komunikasi.

Maka jangan heran jika setiap orang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi bisa berbeda-beda. Dan tak jarang pula, banyak kelas-kelas informal yang membantu meningkatkan skill kita dalam berkomunikasi. Artinya, meski agar sukar, soft skill satu ini masih bisa dilatih.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Generasi Muda Tahun 2020


Sebagaimana yang telah sedikit disinggung di atas The World Economic Forum telah merilis 10 soft skill yang harus dimiliki generasi muda dalam menghadapi perkembangan industri yang akan masif di tahun ini.

Sebagai informasi, The World Economic Forum adalah sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta. Forum ini membahas tentang politik, industri, budaya, yang dilihat dari sudut pandang ekonomi

1. Keterampilan memecahkan masalah yang kompleks 
Dari tahun ke tahun, tren industri senantiasa mengalami perubahan yang signifikan. Dengan kata lain, dunia industri profesional memiliki persoalan yang semakin rumit, dan tentu berpotensi menimbulkan masalah baru.

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk memiliki keterampilan memecahkan masalah yang kompleks. Dalam dunia kerja, semua posisi akan menghadapi masalah, tentu saja. Namun, kerumitan masalah itu harus punya solusi yang efektif dan efisien. Generasi muda harus punya skill ini agar kariernya semakin meroket dalam waktu singkat.

2. Keterampilan berpikir kritis
Keterampilan ini sangat diperlukan daklam industri 4.0. Keterampilan ini digunakan ketika kita melihat segala sesuatu lebih dalam, jernih, dan rasional. Kritis dalam berpikir dapat membantu kamu dalam memahami gagasan yang logis, sehingga kamu tidak mudah diperdaya dan terhindar dari penipuan.

3. Kreatif
Ketatnya persaingan dalam dunia industri sangat memberatkan calon tenaga kerja. Tidak salah, jika perusahaan top memerlukan tenaga kerja yang kreatif. Hal ini diperlukan supaya kamu bisa mengekloprasi bisnis dan tak mandek dalam berpikir.

Orang kreatif biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mau belajar dari orang lain, open minded (memiliki pemikiran yang terbuka), dan berani mengambil risiko.

4. Memiliki soft skill manajemen kelompok yang baik 
Dalam dunia kerja, ada tipe orang yang sebatas mengelola diri sendiri saja. Dalam dunia kerja hari ini, manajemen (mengelola) kelompok sangat dibutuhkan. Sebab, setiap orang memiliki watak dan karakter yang berbeda. So, belajarlah menghadapi  manusia dengan beragam perilakunya.

5. Mampu bekerja sama dengan orang lain
Era kini, selain berkompetisi, berkolaborasi tidak kalah pentingnya. Oleh karenanya, generasi muda atau milenial tahun 2020 harus mampu bekerja sama dengan orang lain agar bisa sukses. Apa lagi di dunia kerja profesional, sukar untuk mencapai sukses tanpa bantuan orang lain. Pemahaman ini akan membawa karier seseorang ke tingkat yang lebih baik.

6. Memiliki kecerdasan emosional 
Kenapa kecerdasan emosional diperlukan dalam dunia kerja (industri 4.0) hari ini? Dengan memilii kecerdasan emosional, artinya kamu mampu mengelola emosimu di situasi yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan mulai melirik para kandidat dari kecerdasan emosionalnya.

Saat kritik datang, marah atau kesal dalam dunia kerja adalah yang lumrah. Namun yang perlu kamu tekankan di sini adalah bagaimana cara kamu menyikapi kritik tersebut dengan menjadikannya sebagai masukan yang positif.

7. Mampu menilai dan mengambil keputusan dengan baik 
Di dalam dunia kerja hari ini, penting bagi generasi muda memiliki kemampuan menilai serta mengambil keputusan yang baik. Keliru dalam mengambil keputusan bisa berakibat fatal ke depannya. Kurang lebih ini kemampuan ini mirip dengan kemampuan berpikir kritis. Namun, di sini kamu lebih memperhitungkan segala kemungkinan dan risiko yang harus diterima dalam setiap pilihan yang telah kamu putuskan.

8. Berorientasi terhadap pelayanan 
Pelayanan yang baik akan membawa kamu ke gerbang kesuksesan. Banyak perusahaan ternama yang bisa maju  karena memiliki sikap kepedulian yang tinggi terhadap pelanggan atau rekan kerja. Generasi muda harus punya keterampilan ini dalam dunia kerja industri 4.0.

9. Soft skill bernegosiasi 
Negosiasi memiliki arti dua pihak atau lebih yang memiliki tujuan yang berbeda mendiskusikan masalah mereka untuk mencari jalan keluar. Dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari keterampilan ini sangatlah dibutuhkan contohnya dalam kesepakatan penjualan, pembelian, kontrak hukum, sampai menyelesaikan konflik.

Memiliki keterampilan ini bisa berkontribusi besar terhadap kesuksesan dalam dunia profesional kelak. Piawai bernegosiasi bisa menghasilkan hubungan kekerabatan yang lebih baik, menemukan solusi yang sama-sama menguntungkan atas sebuah permasalahan, dan menghindari konflik berkepanjangan.

10. Memiliki fleksibilitas kognitif
Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan untuk memikirkan dua konsep yang berbeda atau lebih secara bersamaan. Artinya, kamu diharuskan untuk memiliki pandangan yang luas dan berbeda-beda. Kemampuan ini bisa dimiliki jika kamu memiliki kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis.

Demikian 10 keterampilan yang harus dimiliki milenial di tahun 2020 ini. Beberapa di antaranya bisa dilatih dengan mengikuti pelatihan-pelatihan informal. Hal itu berguna bagi kamu untuk memiliki soft skill ini, karena untuk sukses tidak hanya membutuhkan hard skill saja.

Posting Komentar untuk "10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Generasi Muda di Tahun 2020"