Selain Menjadi Bahan Bumbu Masakan, Ternyata Bawang Putih Bisa Untuk Kesehatan - Jempana

Rabu, 26 Februari 2020

Selain Menjadi Bahan Bumbu Masakan, Ternyata Bawang Putih Bisa Untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang wajib tersedia di dapur. Bahan ini akan dicampur dengan bahan bahan bumbu masakan lainnya, sehingga menciptakan masakan yang bercita rasa tinggi. Sehingga tidak heran kalau bahan yang satu ini selalu ada dalam berbagai bumbu masakan.


foto: Istimewa
Bagaimana jika bawang putih ini dikonsumsi tanpa dicampur dengan bahan-bahan lainnya, pasti hampir semua orang akan menolaknya bahkan tidak menyukai. Alasannya sederhana yaitu karena bau nya yang pekat dan rasanya yang pahit. Namun demikian, apakah kamu tau, bahwa bawang putih baik untuk kesehatan.

Penggunaan bawang  putih sebagai kesehatan ternyata sudah dilakukan sejak zaman sejarah kuno, seperti  di Mesir, Babilonia (Irak), Yunani, dan Cina. Negara ini sudah menggunakan bawang putih sebagai kesehatan.

Manfaat yang dikeluarkan oleh bawang putih adalah dari senyawa sulfur yang muncul saat bawang putih dicincang, dihancurka, ataupun dikunyah. Senyawa tersebut masuk kedalam area dalam tubuh yaitu saluran pencernaan, dan memberikan efek biologi yang kuat ke seluruh area tubuh. Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yaitu:

Baca Juga : Tomat Bisa Memperburuk Kondisi Kesehatan Penderita Penyakit Ini

1. Bawang Putih Untuk Kesehatan Otak
Berbagai penyakit dapat menyerang seluruh anggota tubuh, tak terkecuali otak. Misalnya saja Alzheimer, demensia dan lain-lain. Penyakit-penyakit ini  sangat rawan terjadi di otak manusia. Namun apakah kamu tau, bahwa penyakit Alzheimer, demensia dan ganguan penyakit di otak lainnya dapat disembukan dengan mengkonsumsi bawang putih. Seperti yang dijelaskan dalam Journal of Neurochemistery, bahwa kandungan SAC (S-ally L-cysteine) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dan berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia yang terdapat pada bawang putih bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf. Cara pengkonsumsiannya adalah dengan memakannya langsung ataupun bisa juga dengan dicampurkan dengan bumbu masakan lainnya.

2. Bawang Putih Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat selanjutnya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bawang putih membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit seperti infeksi flu, batuk, pusing dan lain-lain. Hal ini disebabkan oleh senyawa aktif alicin  yang memiliki fungsi anti virus, antimikroba, dan anti jamur. Berbagai penelitan menunjuan bahwa mengkonsumsi bawang putih atau suplemenya dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Pengkonsumsian bawang putih sangat dianjurkan saat ini, khususnya di daerah Jakarta yang terkena banjir, ditambah cuaca sekarang tidak menentu (musim penyakit). Bahkan mungkin virus Corona bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih

3. Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Bawang Putih
Kolestrol merupakan salah satu hal yang cukup menggangu apabila terlalu tinggi. Ternyata bawang putih bisa dijadikan untuk menurunkan kolestrol yang tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitan dalam Journal of Postgradute Medicine, mengkonsumsi setidaknya 10 gram  bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan dapat membantu menurunkan kadar, kolestrol yang cukup banyak. Bawang putih ampuh menurunkan kolestrol jahat sekitar 10 hingga 15%. Hal ini membuat bawang putih bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Bawang Putih Megontrol Tekanan Darah
Bawang putih mengandung Polisulfida. Polisufida yang terdapat di bawang putih terbukti dapat mengendalikan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Dilangsir dari sebuah jurnal Maturtas, polisufida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak memberikan tekanan besar.

Baca Juga : 5 Aplikasi Andorid yang Membantu Berhenti Merokok

5. Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Gigi
Sudah bukan rahasia lagi kalau bawang putih dapat mengobati sakit gigi. Bawang putih yang merupakan bahan alami yang sangat mudah didapat. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anesthetizing yang mengambil peran dalammenyembuhkan sakit gigi. Cara penggunaanya adalah dengan meletakan bawang putih yang sudah dicincang pada gigi yang sakit, dan hal ini dilakukan dua kali sehari sampai sembuh.

6. Bawang Putih sebagai Detoksifikasi Tubuh
Bawang putih mengandung seyawa sulfur yang terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan-kerusakan dan keracuan logam berat. Studi mendapati bawang putih dapat mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Oleh karena itu manfaat bawang putih dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh alias mengeluarkan racun yang tersimpan.

7. Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung
Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri coroner, yakni pemebuluh darah yang  memompa darah ke jantung. Memang manfaat bawang putih yang paling besar saat masih mentah. Jadi, tidak ada salahnya kalau mengkonsumsi bawang putih setiap hari

8. Bawang Putih dapat Menurunkan Resiko Kanker
Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. National Cancer Insitute di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Pasalnya, sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. sehingga sel-sel kanker tidak akan mudah berkembang.

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda