Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Charles Hatfield, Ilmuan Hujan yang Sakti dari Amerika

Hujan sangat berarti bagi manusia. Bisa dibayangkan betapa panasnya suatu wilayah bila tidak pernah hujan sama sekali. Karena itu, bila musim kemarau dan paceklik tiba itu bisa tidak menguntungkan bagi manusia, terutama orang yang profesinya sebagai petani.  Hujan merupakan peristiwa fenomena alam yang sering terjadi dan hujan alami tidak bisa ditebak. bisa saja langit yang terlihat sangat berawan dan diprediksi hujan, malah tidak hujan sama sekali, dan juga sebaliknya. oleh karena batasan-batasan tersebut, maka manusia membuat sebuah kegiatan menurunkan hujan buatan.


Hujan Buatan  
Hujan buatan merupakan salah satu dari jenis hujan yang dibuat oleh manusia. hujan buatan  sudah dikembangkan oleh seorang peneliti asal Amerika Serikat bernama Vincent Joseph Schaefer sejak 71 tahun silam. Hujan buatan dari teknik Schaefer dikembangkan melalui proses penyemaian awan yaitu bentuk modifikasi cuaca dengan mengubah jumlah atau jenis presipitasi yang turun dari awan.
Namun di tulisan ini, penulis tidak akan membahas tentang hujan buatan ataupun tentang pengembang hujan buatan.  penulis membahas tentang kejadian unik yang dialami oleh Charles Hatfield, seorang ilmuan  pembuat hujan asal Amerika.


Siapa Charles Hatfield
Adalah seorang pria yang berprofesi sebagai pengajar tetapi ia lebih dikenal sebagai pembuat hujan.  karirnya dimulai sekitar awal abad ke-20, saat dia membaca tentang “Pluvicture’’,  sehingga mengihlami beliau untuk membuat hujan. Hatfield  menciptakan campuran  23 bahan kimia, yang diklaim bisa menurunkan hujan. 

Pada tahun 1904,  promotor Fried Binney, mulai mempromosikan penemuan Charles Hatfield ke berbagai tempat. Hal ini terdengar sampai ke peternak Los Angeles yang yang berniat untuk memakai jasanya Hatfield, dan beliau dijanjikan duit sebesar $ 50 dolar jika berhasil.  kemudian Hatfield dengan saudaranya yang bernama Paul membangun sebuah menara, yang mana menara tersebut diperuntukan untuk melepaskan cairan kimia ke udara. Ternyata upaya Hatfield dan Paul berhasil, dan para petani tersebut membayar $ 100 sebagai ucapan terima kasih. Dalam banyak kasus, tampaknya Hatfield berhasil. Kemanapun dia pergi, hujan mengikuti, dan dia segera memiliki pengikut yang percaya bahwa dia benar-benar pembuat hujan.

Pekerjaan di san Diego
Pada akhir tahun 1915 ketika kekeringan di San Diego Charles Hatfield  berhasil meyakinkan dewan kota San Diego bahwa ia dapat membuat curah hujan dengan menggunakan bahan kimia yang dirahasiakan. Pada akhirnya dewan kota menyetujuinya dan mereka menjanjikan $ 10.000 dolar jika Hatfield berhasil. 
 Ketika perjanjian itu disepakati, Hatfield  membangun Menara setinggi 20 kaki di daerah tersebut dan  membakar membakar campuran kimia dari atas menara tersebut.  beberapa penduduk mengatakan bahwa dia melepaskan bahan kimia atau udara seperti bom yang kemudian menimbulkan asap dan asap itu naik ke langit. Beberapa hari kemudian pada tanggal 1 Januari 1916 hujan mulai turun di  San Diego.

Banjir di San Diego
Dari Dr kekeringan hingga menjadi daerah yang banjir. Sepertinya Hatfield  terlalu banyak menaburkan cairan kimia di udara sehingga   curah hujan tidak berhenti hampir satu bulan lamanya yang mana menyebabkan banjir dan menghancurkan Bendungan sungai,  penyapu jalanan menghancurkan kereta api serta menyebabkan kerusakan properti dan menewaskan sekitar 50 warga.


Buntutnya
Meskipun Hatfield  berhasil menurunkan hujan, namun hal ini membuat dewan kota marah karena kota San Diago banjir besar dan mengalami kerugian yang sangat besar. Dewan kota menolak untuk membayar Hatfield, dan  karena tidak ada penandatanganan kontrak kesepakatan maka tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Hatfield.  dewan kota beranggapan bahwa hujan adalah tindakan Tuhan bukan tindakan Hatfield. 


Posting Komentar untuk "Mengenal Charles Hatfield, Ilmuan Hujan yang Sakti dari Amerika"