Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hobi Menulis? Inilah pekerjaan yang bisa Kamu Jalanani

Zaman sekarang sudah banyak orang yang mulai menyukai profesi sebagai penulis. Karena  selain menulis adalah sebuah hobi, juga bisa menjadi pekerjaan yang dicukup keren saat ini. Menulis sekarang bisa mendulang rezeki yang cukup menjanjikan. Namun demikian ada kesalahan pandangan masyarakat umum, kalau penulis hanya berkutat dengan  menulis buku dan novel saja. Secara umumnya, seseorang penulis akan diakui jika sudah memiliki karya tulis berupa cetakan.


Postingan ini akan mengualas bidang pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi kamu penulis. Berikut pekerjaan yang bisa mendatangkan rezeki bagi kamu yang hobi menulis:

Baca juga: Menulis di UC News Tak Lagi Menjanjikan bagi Kontributor

1. Penulis Naskah
Profesi sebagai penulis naskah merupakan salah satu profesi di dunia kreatif. Menjadi seorang penulis naskah bertugas dalam menulis jalan cerita, Dialog plot menulis deskripsi secara visual dan menciptakan karakter tokoh dalam naskah drama, monolog, film, iklan, sandiwara radio, atau sinotron.  tentu saja pekerjaan sebagai seorang penulis naskah merupakan hal yang sangat menjanjikan dan menarik

2. Blogger
Apakah anda tau setiap hari di seluruh dunia bermunculan blogger baru yang mencoba keberuntungan di dunia maya. Internet memang telah menjadi magnet tersendiri bagi mahluk yang bernama manusia, terutama yang bermimpi menjadi blogger sukses. Jadi jika kamu hobi menulis tidak salahnya untuk memulai menjadi seorang blogger

3. Jurnalis
Profesi sebagai jurrnalis mungkin sudah tidak asing lagi dimasyarakat umum. Jurnalis atau dikenal juga dengan wartawan adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat.so jika kamu ingin mencobanya tidak ada salahnya

4. Content Writer
Perusahaan mana yang tidak ingin blog di situs webnya update secara berkala, berisi konten-konten relevan dan berkualitas, dikunjungi banyak pembaca, dan dibagikan beratus atau beribu kali?. Disinilah tugas sebagai seorang content writer, yang mana sebagai otak didalam situs web sebuah perusahan. Lebih mudahnya seorang content writer bertugas seperti tim kreatif nya perusahaan.

5. Copywriter 
Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien/perusahaan di tempat ia bekerja. Beberapa tahun belakangan ini, profesi ini semakin marak diperbincangkan dan menjadi populer. Hal ini disebabkan oleh perkembangan bisnis yang tak lagi konvensional di era perkembangan teknologi yang pesat. Perusahaan atau brand yang ada sudah mulai menyadari pentingnya representasi mereka di berbagai media yang ada, baik itu online maupun offline. Sehingga jika kamu memiliki kemampuan menulis dan mempromosikan sebuah produk, maka tidak salah untuk mencobanya.

6. Editor
Dibalik buku yang sukses di pasaran, ternyata banyak pihak yang terlibat termasuk salah satunya editor atau penyunting. Sosoknya memang selalu ada dibalik layar. Kehadirannya juga kerap luput dari hiruk pikuk kehebatan sebuah buku. Tapi sesungguhnya editor adalah tulang punggung suksesnya industri penerbitan buku. Bahkan, lewat tangan dinginnya, editor bisa melahirkan buku-buku keren yang melejitkan nama penulisnya. Ia juga berperan dalam menemukan dan mengembangkan talenta penulis. Sehingga seorang editor ini juga bisa dikatakan sebagai seorang pelatih di dunia kepenenulisan. So, pekerjaan sebagai editor merupakn pekerjaan yang tidak sembarangan bisa di lakukan.

7. Novelis 
Pekerjaan ini mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat umum. Novelis adalah sebutan untuk profesi penulis yang fokus membuat novel. Dewasa ini profesi novelis sudah menjadi profesi yang menjanjikan lho guys. Penghasilan yang didapat tidak hanya berfokus pada penjualan novel itu sendiri, namun juga bisa didapatkan diluar dari novel tersebut, misalnya dari acara-acara talkshow yang membahas tentang novel tersebut

8. Translator 
Penterjemah atau translator adalah seseorang atau tim yang bertugas dalam menterjemahkan suatu file, data maupun bahasa kedalam format yang diinginkan klien atau perusahaan dimana dia bekerja. Penerjemah terutama bekerja dengan hal hal bisnis, teknis, hukum dan bahan-bahan tertulis ilmiah termasuk surat-surat, laporan, artikel, buku dll.

9. Ghostwriter 
Di dalam dunia tulis-menulis memang ada dua istilah yaitu pengarang (author) dan penulis (writer). Ada beberapa pendapat tentang perbedaan sebutan itu di antaranya pengarang diposisikan sebagai pemilik gagasan atau pemilik otoritas terhadap karyanya, sedangkan penulis lebih pada pekerja mekanis yang memiliki keterampilan menata kata-kata.  Ghost writer  umumnya bersepakat untuk menyembunyikan identitasnya di suatu karya. Namun, ada juga yang tetap disebutkan seperti halnya Mbak AE (Alberthiene Endah) yang namanya selalu muncul di kover buku. Penyebutan nama GW ataupun profesi yang sejenis yaitu co-writer (CW) bergantung pada posisi tawar dengan klien penulisan. Terkadang karena nama GW juga sudah menjadi merek yang kuat dan menjual, malah klien meminta nama GW dicantumkan. Saya sendiri kadang melabeli diri saya sebagai editor untuk tetap mencantumkan kredit atas nama saya di suatu karya. So jika kamu tidak ingin menulis tanpa tanpa terkenal, tidak ada salahnya kamu melakoni pekerjaan ini.

Baca Juga: Soft Skill yang Harus Dimiliki Calon Tenaga Kerja di Industri 4.0 


10. Social Media Specialist
Social Media Specialist bertanggung jawab memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak sebatas sekedar meng-upload foto atau menulis sebaris dua baris tweet saja. Setiap langkah (tweet, status, comment, dan konten) yang diambil seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis. Dari penempatan konten berbeda untuk media yang berbeda (sesuai audiens), penggunaan kata kunci yang tepat, hingga perencanaan waktu publikasi sangat dibutuhkan untuk menjamin isi posting meraih audiens sebesar-besarnya dan memberi efek yang diinginkan. Profesi ini terbilang sangat identik dengan kaum milenial bahkan Social Media Specialist telah berkembang dengan berbagai variasi jabatannya: Social Media Manager, Admin Social Media, Social Media Officer, dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Hobi Menulis? Inilah pekerjaan yang bisa Kamu Jalanani"