Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hati-hati, Salah Mengolah 5 Makanan Ini Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh Anda.


Mengolah makanan yang baik dan benar akan mempengaruhi kesehatan. Biasanya mengolah makanan seringkali tidak diperhatikan dengan baik, sehingga seringkali kita mengabaikan hal-hal yang dianggap sepele namun berbahaya bagi tubuh, berikut 5 hal keselahan yang sering dilakukan, dan berbahaya bagi tubuh:



1. Memanaskan Bayam
Sayur bayam yang sering disebut sebagai sayuran yang identik dengan kartun Popaye, memang paling sering dikonsumsi masyarakat. Bayam yang memiliki kandungan vitamine, mineral dan zat besi, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh. Kebanyakan orang mengkonsumsi sayur bayam dalam bentuk sayur bening. Akan tetapi, sayur bayam bukanlah sayur yang bisa dipanaskan kembali setelah dimasak. Hal ini dikarenakan bayam mengandung senyawa bernama nitrat. Nitrat sebenarnya baik butuh tubuh, namun zat ini akan berbahaya jika bayam sering di panaskan. Nitrat akan menjadi nitrit. Nitrit ini menjadi karsogen, yang dapat menimbulkan kanker.

2. Menyeduh Teh Lebih Dari 3 Menit
Penyeduhan teh baik dilakukan dengan daun ataupun kantong yang diseduh, sebaiknya menggunakan air yang suhunya di bawah 100℃, dan juga lamanya menyeduhnya juga hanya 2-3 menit saja. Menyeduhnya hingga warnanya pekat atau terlalu lama, hanya akan mengeluarkan kafein berlebihan. Beberapa penelitian menemukan bahwa, ada beberapa orang tidak toleran dengan kandungan kafein yang terlalu tinggi, karena bisa menyebabkan jantung berdebar tidak normal, Karen bisa menyebabkan jantung berdebar,ganguan pencernaan dan sebagainya

3. Makan mie Instan dengan Kuahnya
Makan mie kuah dengan menggunakan air rebusannya memang kerap kali terasa enak dan lezat. Akan tetapi jika terlalu sering melakukan ini, anda akan memasukan kandungan pengawet bawaan mie ke dalam tubuh. Ini tidak hanya tentang kandungan lilin yang mungkin ada atau tidak, melainkan juga ada kandungan pewarna yang pasti ada di dalamnya. Jadi, lebih baik membuat air mendidih yang baru sebagai kuah daripada menggunakan air bekas rebusan mienya.

4. Makan Kentang yang Kehijauan
Kentang yang sudah mengandung warna hijau atau yang sudah tumbuh tunas, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Kentang kehijauan ini mengandung zat solanin. Solanin adalah sebuah zat golongan alkaloid jahat yang bisa menjadi senyawa racun bila dikonsumsi. Efeknya antara lain adalah diare, pusing, mual, dan gejala keracunan lainya. Namun demikian, untuk mengakalinya adalah dengan cari memotong atau menyisihkan bagian kehijauan dari kentang tersebut.

5. Terlalu Lama Memasak Sayur
Memasak sayur terlalu lama, baik sampai terlalu lunak ataupun suhunya terlalu tinggi tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan akan mematikan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi dalam sayuran itu sendiri. Bahkan lebih baik memasak sedikit mentah, karena enzim dan gizinya masih terjaga. Tipsnya adalah dengan cara cukup 2-3 menit dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.



Posting Komentar untuk "Hati-hati, Salah Mengolah 5 Makanan Ini Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh Anda."