Inilah 13 Istilah Yang Harus Kamu Tahu Tentang Covid-19 - Jempana

Minggu, 22 Maret 2020

Inilah 13 Istilah Yang Harus Kamu Tahu Tentang Covid-19

Virus Corona yang sedang terjadi saat ini merupakan sebuah bencana internasional. Bencana ini hampir terjadi disemua negara, dan tentu saja memakan korban jiwa yang tidak sedikit pula.




Berbagai media massa membantu menyebarkan informasi mengenai perkembangan Covid-19. Hal ini sangat membantu untuk menambah khazanah pengetahuan dan informasi yang sangat diperlukan.

Akan tetapi beberapa istilah yang disampaikan oleh media massa ataupun pemerintah kadang kita tidak tau arti dan maksudnya, maka inilah 13 istilah yang harus kamu ketahui tentag Covid-19.

Coronavirus 
Mungkin kita tidak asing dengan kalimat ini, namun banyak yang tidak tau maksudnya. Coronavirus merupakan keluarga besar virus penyebab penyakit pernafasan, termasuk juga flu biasa, MERS-CoV (Middle East Respratory Syndrom) dan juga SARS-CoV (Severe Acute Respriatory Syndrom). Virus ini seperti yang kita tahu berbentuk seperti mahkota.

COVID-19
Merupakan kepanjangan dari Corona Disease That Was Discovered in 2019, artinya penyakit virus corona yang ditemukan pada tahun 2019.

Endemi
Menurut KBBI, Endemi adalah penyakit yang menjangkit di suatu daerah tertentu atau pada golongan tertentu saja

Wabah 
KBBI menjelaskan bahwa, wabah adalah penyakit yang menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas. Misalnya wabah corona, kolera, cacar dan sebagainya


Epidemi
KBBI menjelaskan bahwa epidemic adalah keadaan ketika penyakit menular yang menjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, secara sengkatnya epidemi adalah penyakit transnasional.

Pendemi
Pendemi adalah ketika wabah sudah mencapai keseluruh dunia, dan hampir semua negara terkena wabah tersebut.

Containment
Artinya adalah pembendungan, dalam kasus ini pemerintah melakukan pelarangan kedatangan turis dari negara lain ataupun pelarangan pergi keluar negeri demi mengurangi penularan virus 

Mitigasi 
Mitigasi adalah sebuah tindakan untuk mengurangi dampak bencana atau bisa juga diartikan sebagai upaya yang dilakukan dengan berbagai cara untuk persiapan sebelum terjadinya bencana. Misalnya pengaturan logistic, persiapan tempat evakuasi dsb 

Mortality/Fatality Rate
Sebuah bentuk data persentase kematian terhadap jumlah kasus yang terkonfirmasi

Isolasi
Isolasi adalah sebuah pemisahan dari satu hal dari hal lain yang mana berusaha agar memencilkan manusia dari manusia lain. Kalau dalam kasus Covid-19, seharusnya isolasi harus dilengkapi fasilitas kesehatan yang mendukung

Karantina
Karantina adalah tempat penampungan yang lokasinya terpencil atau terbatas guna mencegah terjadinya penularan. Misalnya saja para pekerja dan mahasiswa yang dari wuhan harus melalui karantina di natuna terlebih dahulu selema 2 minggu.

Periode Inkubasi
Periode inkubasi adalah masa dari saat penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh sampai ke saat timbulnya penyakit itu. Para peneliti bersepakat bahwa masa inkubasi adalah 2 minggu atau 14 hari.

Zoonosis
Sesuai dengan namanya yang berkaitan dengan hewan, zoonosis adalah sebuah proses transmisi penyebaran coronavirus dari hewan ke manusia. Misalnya SARS yang berasal dari hewan musang, MERS berasal dari unta, corona virus belum ada kepastian namun banyak yang mengklaim bahwa tringiling dan kalelawar penyebab utamanya.

soo sekarang kamu sudah tahu istilah-istilahnya, jangan takut kudet lagi ya
Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda