Malam Minggu vs Virus Corona. Masih Amankah Untuk Tetap Berkencan?? - Jempana

Sabtu, 21 Maret 2020

Malam Minggu vs Virus Corona. Masih Amankah Untuk Tetap Berkencan??

Indonesia memiliki sebuah kebudayaan unik, yaitu melakukan kencan saat hari sabtu atau malam minggu. Budaya ini sudah ada semenjak dahulu kala, dan masih dilakukan sampai sekarang, maka tidak heran jalan-jalan atau tempat hiburan akan ramai dengan muda-mudi yang berpasang-pasangan atau hanya sekedar kumpul-kumpul bareng teman. 


Pemilihan malam minggu ini mungkin karena situasi libur pada hari minggu, sehingga sabtu malam akan dimanfaatkan oleh remaja yang kebanyakan anak sekolah, untuk sekedar mengistirahatkan diri dari kesibukan sekolah dengan kumpul-kumpul bareng teman ataupun berjalan-jalan dengan pacar. 


Ditengah-tengah merembaknya virus corona ini, sedikit menggangu acara malam minggu, yang mana banyak pihak yang melarang pemuda-pemudi untuk keluar rumah serta dianjurkan untuk mengisolasi diri dirumah bersama orang-orang terdekat. Lalu disini menimbulkan pertanyaan, apakah aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan dimalam minggu seperti makan malam direstoran, nonton di bioskop, atau sekedar keliling kota dilarang??

Center for Disease Control and Preventive (CDC) pernah melaporkan bahwa penularan virus corona ini bisa terjadi melalui media benda mati ataupun hidup, tak terkecuali manusia. Orang yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 dilaporkan dapat menularkan virus ke orang lain bahkan dari jarak 2 meter, apalagi ketika orang tersebut bersin atau batuk. Walaupun hanya sentuhan kecil kepada benda mati yang terkontaminasi, virus ini juga bisa membuat seseorang terinfeksi saat tangan menyentuh areal wajah, seperti mulut, hidung, mata ataupun telinga. 

Virus yang menghajar sistem imun khususnya pernafasan membuat banyak ilmuwan-ilmuwan menganjurkan semua pihak untuk melakukan social distancing. Indonesia yang telah melaporkan lebih dari 300 kasus Covid-19, ini misalnya menganjurkan agar setiap orang tidak lagi saling menyapa dengan berjabat tangan, hingga pelarangan ke kampus, taman hiburan ataupun tempat umum lainnya yang dapat membuat massa banyak, bahkan pemerintah daerah Jakarta menganjurkan untuk sholat jumat di rumah.

Lantas, bagaimana aktivitas yang biasanya kita lakukan di malam minggu, ditengah-tengah serangan wabah ini?. Pastinya sangat menggangu aktivitas malam minggu, mungkin sampai vaksin Covid-19 belum ditemukan dan bisa digunakan secara meluas, social distancing akan menjadi jalan satu-satunya untuk memperlambat penyebaran virus Corona. Berikut beberapa tips agar malam minggu bersama pasangan atau teman-temanmu tetap terlaksana dengan aman dan tetap mencegah penularan virus.

Batalkan Rencana Kencan atau Nongkrong Jika Tidak Enak Badan
Jika kamu sedang merasa tidak enak badan, lebih baik batalkan janji. Secara umum kita tahu bahwa gejala ringan dari Covid-19, menyerupai flu biasa seperti demam, batuk, dan sesak nafas, ataupun bisa tanpa gejala atau asymptomic. Maka tidak heran jika pemerintah memberikan anjuran untuk melakukan inkubasi virus hingga 2 minggu atau 14 hari demi menekan penyebaran yang cepat, serta siapapun bisa berpotensi untuk menyebarkan virus tanpa disadari.

Hindari Mengunjugi yang Mengumpulkan Orang Ramai
Sebisa mungkin hindari atau batalkan rencanamu datang ketempat ramai seperti konser, pertandingan bola, bioskop ataupun pasar malam yang dapat memuat massa yang ramai. Kita tidak tahu kalau tempat-tempat tersebut bisa saja terkontaminasi Covid-19. Alakah baiknya kamu nongkrong di pos ronda, ataupun berkencan dengan pacar mu di teras rumahnya. Itu lebih baik dan bermanfaat tentunya.


Bagaimana Dengan Berhubungan Intim?
Mungkin banyak dari kita sudah tahu dan paham virus corona ini dapat menyebar melewati organ-organ pernafasan, maka ciuman punya resiko sangat tinggi dalam penularannya. Walaupun covid-19 ini bukan merupakan penyakit menular seksual, tetapi aktivitas-aktivitas seksual yang meliputi menyentuh kulit, wajah dan lainya dapat meningkatkan resiko penularan. Baiknya kamu dan pasanganmu terlebih dahulu mendiskusikan serta saling mengecek kondisi kesehatan masing masing sebelum berhubungan intim.

Pastikan Tongkrongan Kamu Aman Bagi Orang-Orang Yang Lebih Rentan
Pastinya kita memiliki tempat tongkrongan atau markas untuk berkumpul dimalam minggu, sehingga tidak heran, walaupun social distancing dilakukan, kita bakal tetap saja berkumpul. Maka tidak ada salahnya jika kita memastikan tempat tersebut aman terkhususnya bagi teman-teman kita yang punya riwayat penyakit kronis, seperti sesak nafas, HIV dan penyakit penyakit lainnya. 

Lagi lagi intinya perhatikan kondisi kesehatanmu, teman-temanmu dan pasangan mu sebelum melakukan aktivitas malam mingguan. 

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda