Wajah Resting Bitch Face??, Inilah Penjelasannya - Jempana

Rabu, 04 Maret 2020

Wajah Resting Bitch Face??, Inilah Penjelasannya

Resting bitch face atau muka jutek adalah sebuah cap yang mungkin disandang banyak orang di seluruh dunia, terutama para wanita. Orang yang punya muka jutek memang relatif datar atau tampak sangat bosan atau kesal. Hal ini membuat mereka sering dianggap tidak ramah, pemarah, galak, sinis, dan cuek. Lantas, kenapa seseorang bisa memiliki muka yang jutek? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini. 




Penelitian terbaru menyebutkan bahwa fenomena tentang muka jutek atau resting bitch face adalah hal yang nyata. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Throwing Shade: The Science of Resting Bitch Face. Penelitian tersebut dilakukan oleh Abbe Macbeth dan Jason Rogers dari Noldus Information Tecnology, yaitu sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak untuk menganalisis wajah para selebriti Hollywood, Amerika Serikat.

Hasilnya, para ahli menemukan fakta bahwa rata-rata ekspresi wajah manusia terdiri dari 97 persen ekspresi wajah netral (alami) dan 3 persen sisanya menunjukkan emosi kecil seperti kesedihan, kebahagian, dan kemarahan.

Mari kita sepakati bahwa resting bitch bukanlah sebuah penyakit. Hal ini dikarenakan belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa wajah jutek adalah sebuah penyakit atau kelainan medis. 

Resting bitch face sebenarnya adalah sebuah istilah yang muncul dalam kosakata modern dari budaya barat. Resting bitch face yang dimaksud adalah sebuah bentuk wajah yang kurang ekspresif dan kurang ramah atau sering disebut  wajah mode jutek.

Ekspresi wajah ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti sedang mengalami stress atau pikiran yang cukup banyak dan berat, misalnya pekerjaan, penelitian skripsi dan sebagainya. Gangguan mood ini mempengaruhi syaraf-syaraf wajah yang menyebabkan kesulitan mengatur ekspresi wajah tanpa disadari sudah mode jutek. 

Oleh karena itu penyebab munculnya ekspresi tersebut pada wajah seseorang beragam, sehingga pada dasarnya yang harus dihilangkan adalah penyebab dasarnya bukan wajahnya. Namun demikian jika ini membuat anda kurang percaya diri dan cukup menggangu anda, ada baiknya datang ke psikiater untuk membantu anda dalam menentukan penyebab utamanya. 

Apabila ditemukan penyebab lain diluar adanya gangguan dengan masalah psikologis anda juga mungkin akan dianjurkan lebih lanjut kepada dokter spesialis, dalam bidang yang lain sesuai dengan kemungkinan penyebabnya. 

Hemat penulis, jika anda ingin meminilisir wajah ini, ada baiknya jika anda lebih berusaha lebih ramah lagi dengan semua orang, lebih lepas dalam mengekspresikan perasaan serta lebih sering lagi untuk senyum kepada semua orang. Jangan terlalu membebankan diri anda, dan juga selalu berpikiran positif. 

Namun demikian cewek yang memiliki ekspresi resting bitch face atau wajah mode cuek memiliki daya tarik tersendiri. Setidaknya ada tiga alasan yaitu


1. Punya Kepribadian Yang Tidak Membosankan
Cewek yang berwajah jutek punya energi dan kepribadian yang unik sehingga bisa membuat orang-orang disekitarnya tertawa.

2. Sosok Yang Mandiri dan Bisa Diandalkan
Biasanya cewek jutek itu tidak terlalu memiliki banyak teman, tapi dari kenyataan inilah yang membuat cewek terbiasa melakukan banyak hal sendirian dan selalu terlatih untuk mandiri

3.Pasangan tidak akan pernah menyia-yiakan hubungan
Bagi cowok, PDKT dengan cewek yang memiliki ekspresi jutek merupakan sebuah tantangan besar dan juga kebanggan tersendiri, hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang mau berkenalan atau berteman dengan orang yang mempunyai ekspresi ini. Alasannya karena wajahnya sudah tidak berahabat terlebih dahulu.

Loading...

Bagikan artikel ini

Loading...
Silakan tulis komentar Anda