Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips-Tips Agar Tidak Tertidur Saat Mendengarkan Khutbah Jumat

Bukan lagi menjadi fenomena aneh melihat orang tertidur saat mendengarkan khutbah Jumat. Hal ini sebenarnya adalah kesalahan yang sangat fatal, namun sekarang dianggap sebagai kejadian yang lumrah, dengan alasan letih karena aktivitas, dan waktu luang yang panjang untuk sekedar memejamkan mata barang waktu sejenak. Mari kita ucapkan Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiun, sesungguhnya ini adalah kegiatan yang tidak di sukai Allah SWT.


Allah sudah sangat jelas melarangnya, hal  ini tertulis di dalam Al-Quran, yang mana Allah berfirman,

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya : “Apabila dibacakan Alquran, dengarkanlah dan diamlah, agar kalian mendapatkan rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204)

Sungguh rugi jika kita tertidur di tengah-tengah mendengarkan khutbah, selain tidak mendapatkan rahmat, tapi juga prilaku ini tidak di sukai Allah SWT. Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa dicoba agar kita tidak tertidur antara lain:


1. Menghadap Mimbar

Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu berkata,

قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ كَانَ رَسُولُ اللهِ إِذَا اسْتَوَى عَلَى الْمِنْبَرِ اسْتَقْبَلْنَاهُ بِوُجُوهِنَا.

“Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam sudah berdiri tegak di atas mimbar, maka kami langsung menghadapkan wajah kami ke arah beliau.”


2. Meringkaskan Khutbah

Abu Wa’il berkata: ’Ammar berkhutbah kepada kami dengan ringkas dan jelas. Ketika dia turun, kami berkata,

”Hai, Abul Yaqzhan (panggilan Ammar). Engkau telah berkhutbah dengan ringkas dan jelas, seandainya engkau panjangkan sedikit!”

Dia menjawab, ”Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,’Sesungguhnya panjang shalat seseorang, dan pendek khutbahnya merupakan tanda kefahamannya. Maka panjangkanlah shalat dan pendekanlah khutbah! Dan sesungguhnya diantaranya penjelasan merupakan sihir’.”[HR Muslim, no. 869]

3. Pindah Tempat Duduk Jika Mengantuk

Rasulullah bersabda, “Apabila kalian ngantuk pada hari Jumat, maka berpindahlah dari tempat duduknya.” (H.R. Abu Daud dan Turmudzi)



4. Mandi Sebelum Sholat

Mandi bukan hanya membuat badan menjadi lebih segar sehingga menghilangkan rasa kantuk, tapi juga salah satu sunnah Rasul ketika hari Jumat.

Rasulullah bersabda, “Apabila kalian ngantuk pada hari Jumat, maka berpindahlah dari tempat duduknya.” (H.R. Abu Daud dan Turmudzi)


5. Tidak Menekuk Lutut

Muadz bin Jabal berkata,

أَن النَبيَ صَلى اللهُ عَليه وَسَلمَ نَهَى عَنْ الْحَبْوَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang duduk memeluk lutut pada hari ketika imam sedang berkhutbah.”[HR. Abu Daud, Tirmidzi dan dihasankan al-Albani]

Imam Al-Khattabi menjelaskan hadits ini, beliau berkata,

نهى عنها لأنها تجلب النوم فتعرض طهارته للنقض، ويمنع من استماع الخطبة

“Perbuatan ini dilarang, karena ini bisa menyebabkan ngantuk,sehingga bisa jadi wudhunya batal (jika tertidur sangat pulas, adapun hanya tidur ringan maka tidak batal, pent), dan terhalangi mendengarkan khutbah.”

6. Tidak Sarapan Terlalu Banyak

Sarapan yang terlalu banyak menyebabkan rasa kantuk di tengah hari, yakni pada saat khutbah Jumat berlangsung. Sebaiknya makan pagi secukupnya saja agar tidak mudah mengantuk.


7. Minum Kopi Sebelum Sholat

Ada baiknya jika memang telah merasakan kantuk, minumlah segelas kopi agar tubuh lebih bersemangat dan tidak mudah mengantuk.

Kopi dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dan menghilangkan rasa kantuk karena meningkatkan hormon adrenalin dalam tubuh.



8. Duduk Paling Depan

Salah satu cara menghindari kantuk saat khutbah Jumat adalah dengan duduk di barisan paling depan.

Duduk di barisan paling depan akan membuat Anda lebih fokus mendengarkan khutbah Jumat dan juga menghindari Anda bersandar pada tiang atau dinding mesjid yang semakin membuat Anda mengantuk. Selain itu, shaff paling depan adalah posisi yang paling baik.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

‘Sesungguhnya Allah dan para Malaikat bershalawat kepada orang-orang yang ada pada shaff pertama (di dalam shalat).’ Lalu para Sahabat berkata:

‘Dan kepada orang-orang yang ada pada shaff kedua, wahai Rasulullah!’. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Sesungguhnya Allah dan para Malaikat bershalawat kepada orang-orang yang berada pada shaff pertama (di dalam shalat).’ Lalu para Sahabat berkata:

‘Dan shaff kedua, wahai Rasulullah!’ Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

‘Dan kepada (orang-orang yang berada) pada shaff kedua.’” [Al-Musnad (V/262, potongan sebuah hadits, cet. Al-Maktab al-Islami).



Posting Komentar untuk "Tips-Tips Agar Tidak Tertidur Saat Mendengarkan Khutbah Jumat"